Perahu Terbalik, Dua Tewas di Area Rafting Banjarnegara

BanyumasNews.com, BANJARNEGARA – Kecelakaan mengakibatkan dua peserta arung jeram atau rafting terjadi di arena rafting sungai Serayu di Banjarnegara, pada Minggu (11/3/2018) siang sekitar pukul 12. 30 wib. Selain dua tewas, empat lainnya mengalami luka-luka.

Insiden wisata arung jeram itu tepatnya terjadi di Sungai Serayu, Desa Singomerto, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, yang menimpa rombongan siswa SMP dari Kroya, Kabupaten  Cilacap.

Informasi yang diperoleh kronologi kecelakaan arung jeram bermula saat satu perahu berisi wisatawan 5-6 orang, plus satu orang guide. Perahu wisatawan diapit oleh Tim Rescue 4 orang yang berada di depan prahu wisatawan. Sampai di timur jembatan Sigomerto, perahu wisatawan terbalik saat melintasi jeram besar.

Tim Reacue dan guide berusaha menolong. 5 orang wisatawan berhasil diselamatkan, namun 1 wisatawan atas nama Kohar hanyut bersama dengan 1 orang guide bernama Ahmad Prihantoro AL Toro. Mereka hanyut di Bendungan Singomerto karena arus yang besar yang mengakibatkan kedua orang tersebut meninggal dunia.

Korban kecelakaan, yakni korban luka adalah:

1. Afianto, 34 Th, Parakncanggah RT 02 RW 07 (Rescue).
2. Febriyanto, 19th, Bojanegara Sigaluh (Guide).
3. Priyo Handoko, 34TH, Magelang. (Rescue)
4. Surahmanto, 29TH, Bojanegara Sigaluh (Rescue)

Sedangkan korban meninggal dunia adalah Ahmad Prihantoro al Toro, 25 Th, Alamat Rt 01 Rw 01 Selagara, Kutayasa (Guide) dan Drs. Kohar Mutalim, lahir 27 April 1964, Alamat Cilacap (wisatawan).

Korban dievakusi oleh Tim SAR Gabungan, BPBD, Aparat TNI/Polri dan masyarakat pada pukul 14.00 WIB, untuk kemudian diidentifikasi oleh petugas Inafis Polres Banjarnegara sampai dengan pukul 16.05 WIB.

Kejadian kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal dunia dalam kegiatan rafting wisata baru pertama terjadi di Kabupaten Banjarnegara. Faktor penyebab segi keamanan dan keselamatan sangat kurang. (BNC /nan)

Foto ilustrasi rafting

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.