Duku Kalikajar Icon Kebanggaan Purbalingga di Tingkat Nasional

BanyumasNews.com, Pemkab Purbalingga akan mengenalkan duku Kalikajar sebagai salah satu icon  kebanggaan Purbalingga ke tingkat Nasional. Bupati Tasdi menyampaikan hal tersebut saat menghadiri bazaar duku Kalikajar yang dipusatkan di lapangan desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang, Sabtu (03/03/2018).

“Saya akan menjadi sales duku Kalikajar, akan saya promosikan bahwa ini duku Kalikajar, duku khas Purbalingga, bukan dari daerah lain,” kata Bupati Tasdi.

Bupati Tasdi juga menginstruksikan agar pada halaman di setiap kantor pemerintahan menanam pohon duku, terutama duku Kalikajar sebagai icon buah khas Purbalingga. Selain untuk menjadikan duku Kalikajar menjadi buah kebanggaan Purbalingga, hal itu juga untuk regenerasi tanaman duku agar tidak punah dan tetap terjaga keberadaannya sampai generasi yang akan datang.

Duku Kalikajar telah memiliki sertifikat produk prima dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah. Hal itu akan menjadi legalitas bahwa duku Kalikajar produk yang layak dan aman dikonsumsi. Selanjutnya Pemkab Purbalingga akan memfasilitasi kepemilikan hak paten pada produknya, sekaligus pemberdayaan dan regenerasinya agar tidak dimanipulasi dan dimanfaatkan pihak lain yang mengatasnamakan produk duku mereka sebagai duku Kalikajar.

Gagasan menanam pohon duku ini tidak hanya di area perkantoran saja, melalui Dinas Pertanian akan segera memetakan daerah-daerah di wilayah Purbalingga yang cocok untuk pembudidayaan tanaman duku, sehingga kelak Purbalingga tetap akan menjadi sentra tanaman duku skala Nasional karena keberadaannya tetap terjaga.

Kuncinya, kata Tasdi, adalah tidak hanya memanen, namun juga harus menanam kembali, meregenerasi, melestarikannya sehingga dapat dinikmati sampai anak cucu kita kelak, dan musim panen duku tahun depan, festival duku Kalikajar akan menjadi agenda tahunan Kabupaten, namun tetap akan diselenggarakan di desa Kalikajar.

Pada bazar duku ini dipanen duku Kalikajar langsung dari brongsong (pembungkus buah )-nya, dan diborong 3 kuintal oleh Bupati untuk dikenalkan ke segenap pejabat pemerintah pusat di Jakarta. (Bnc /PI-5)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.