Perayaan Cap Gomeh Memperkuat Bangsa Indonesia

BanyumasNews.com, Perayaan cap go meh yang menandai hari ke 15 (lima belas) dan berakhirnya perayaan tahun baru imlek 2569 di klenteng Hok Tek Bio Purbalingga berlangsung meriah.

Perayaan yang dihelat pada Jum’at (02/03/2018) itu mendapat apresiasi Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH. MM.

Perayaan cap gomeh tidak hanya dinikmati warga Tionghoa saja, namun warga lain ikut berbaur merasakan kebahagiaan tahun baru imlek tersebut.

Perayaan tahun baru imlek akan membawa harapan baru, rejeki dan keberkahan yang melimpah bagi seluruh rakyat dan bangsa Indonesia menyongsong hari esok yang lebih damai dan sejahtera, dan perayaan imlek yang aman dan kondusif semakin memperteguh dan memperkuat kepercayaan sebagai bangsa Indonesia yang tangguh dan kuat untuk bersatu, rukun dan damai, kata Tasdi.

Perayaan Cap Go Meh di klenteng Purbalingga

Dalam kesempatan tersebut, ditampilkan seni bela diri wushu dan juga pertunjukan liong-barongsai. Menurut seorang sesepuh warga keturunan Tionghoa Purbalingga, Ambing Setiawan, bela diri baik itu wushu ataupun kungfu dan beberapa jenis bela diri lainnya, wajib dimiliki setiap warganya, selain untuk olahraga, seni bela diri adalah warisan lelulur yang harus tetap dilestarikan.

Sementara liong-barongsai adalah salah satu pertunjukan sakral yang hanya dimainkan saat perayaan imlek saja. Pertunjukan liong adalah perwujudan dari pelindung warga Tionghoa dimana liong (naga) tersebut adalah penjaga mereka dari roh jahat  akan membuka aura keberkahan dan rejeki untuk satu tahun ke depan. (BNC/PI-5/ PI-4)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.