Pencarian Korban Bencana Longsor Salem Dihentikan, Kenapa?

BanyumasNews.com, BREBES  -Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) secara resmi menutup operasi pencarian terhadap korban bencana tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Melalui briefing akhir yang digelar Rabu (28/2/18) pukul 14.00 wib dan dihadiri oleh seluruh personil tim pencarian baik dari Basarnas, TNI, Polri, instansi terkait, Tim DVI, potensi SAR maupun masyarakat, operasi pencarian korban dihentikan. Namun tanggap darurat bencana tetap dilanjutkan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yang terdampak serta perbaikan / pemulihan infrastruktur yang rusak.

“Pencarian kami hentikan setelah 7 hari digelar sesuai dengan prosedur dan juga mengingat efisiensi dan efektifitas dari proses identifikasi lokasi korban yang masih tertimbun juga semakin sulit dengan area yang sangat luas. Selain itu juga faktor resiko longsor susulan yang sangat besar masih mungkin terjadi karena hujan hampir tiap hari turun di bukit Lio.” ungkap  Noer Isrodin Muchlisin, Kepala Basarnas Jateng yang juga menjadi penanggungjawab operasi SAR.

“Semua jajaran sudah bekerja dengan maksimal, melakukan pencarian di seluruh sektor yang teridentifikasi, dan pihak keluarga juga sudah mengikhlaskan, maka dengan ini proses pencarian kami tutup. Terimakasih juga  atas kerjasama yang baik dari Dandim Brebes, Kapolres Brebes, Dokpol, DVI, Perhutani,  Dinkes, serta seluruh relawan Potensi SAR yang tidak bisa saya sebut satu persatu, terimakasih” lanjut Noer lagi.

Dengan ditutupnya operasi pencarian tersebut maka berdasarkan data yang ada, jumlah korban longsor yang meninggal dunia mencapai 12 orang, dinyatakan hilang 6 korban dan selamat 18 orang.

Aparat terlibat dalam operasi pencarian korban bencana tanah longsor di Salem

Longsor di Desa Pasir Panjang Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, terjadi pada kamis (22/2/18) pagi pukul 08.00 wib, berpuncak pada Bukit Lio dan menimbun pengguna jalan dan petani yang beraktivitas di bawahnya.

DATA KORBAN BENCANA ALAM TANAH LONGSOR DI WIL PASIR PANJANG SALEM BREBES

Kejadian : Kamis / 22 Februari 2018
Waktu     : 08.00 wib

SELAMAT 18  :
1. Dadang
2. Wartiah
3. Minarto
4. Eri Pujianto
5. Wati
6. Mulyono
7. Turti
8. Karyoto
9. Azam
10. Anto
11. Windi
12. Durti
13. Dasri
14. Daswa
15. Ajid
16. Tarsinah
17. Kuswanto
18. Warnoto

MENINGGAL 12 :
1. Karsini
2. Casto
3. Wati
4. Radam
5. Kiswan / Tewol
6. Wartinah
7. Sarmah
8. Turkiah
9. Rasminah
10. Casti
11. Caski (MD di RS)
12. Darsip

KORBAN HILANG 6 :
1.  Marsui
2. Suwirso
3. Haryanto
4. Wastim Wahyu
5. Rustam Rusyadi
6. Sujono

Operasi pencarian korban melibatkan 72 organisasai dari pemerintah,  masyarakat serta Potensi SAR dgn jumlah total 1.226 personil. (BNC /nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.