Dua Rumah Rusak Parah di Lumbir Akibat Longsor

BanyumasNews.com, BANYUMAS – Tanah longsor kembali terjadi di wialayah kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengakibatkan dua  rumah penduduk rusak parah terkena longsoran tanah. Kejadian tersebut pada Sabtu 24 Februari 2018, sekitar pukul 15.30 wib.

Bencana tanah longsor terjadi tepatnya di Grumbul Tlampok, Desa Parungkamal Rt 3 Rw 6, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas.

Rumah yang terdampak yakni rumah Sumarto (60 th), tani, yang dihuni 4 jiwa. Kemudian rumah Kiyem (60 th) ibu rumah tangga, dihuni  5 jiwa.

Tanah longsor itu menyusul hujan lebat di wilayah Lumbir yang mengakibatkan tebing longsor ukuran T. 20 m, P. 50 m. “Material tanah longsor menimpa bagian rumah induk milik Sumarto dan dampak tanah longsor membawa material pohon bambu yang menimpa sebagian atap bagian belakang rumah Kiyem”, kata Ady Candra, Koordinator Tagana Banyumas.

Sebelum kejadian keluarga korban sedang berada di dalam rumah, dan tiba-tiba terdengar suara longsoran. “Setelah dilihat ternyata tanah yang berada di belakang rumah longsor dan sampai sekarang tanah masih bergerak dan masuk ke dalam rumah”, lanjutnya.

Kerugian material diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

BPBD Banyumas, SAR BMS dan perangkat desa mendatangi lokasi dan mendata dampak bencana. Untuk sementara keluarga Sumarto dan keluarga Kiyem mengungsi ke rumah tetangga. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.