Geger Ular Sanca di Gerbong Kertajaya, KAI Perketat Pemeriksaan Barang Bawaan Penumpang

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Setelah ditemukanya ular Sanca di gerbong KA Kertajaya viral di berbagai sosial media pada Rabu (21/2/2018) malam, PT KAI Daop 5 Purwokerto benar-benar intensif dalam pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang di kereta -kereta keberangkatan.

Antisipasi ini dilakukan agar kejadian ular masuk ke dalam rangkaian KA tidak terulang kembali. “Daop 5 tidak mau kejadian tersebut sampai terjadi dan menurunkan citra perusahaan, apalagi diduga kuat ular yang ada di kereta Kertajaya tersebut dibawa oleh penumpang,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Ixfan Hendriwintoko, Jumat (23/2/2018).

Dikatakan, petugas akan lebih intens melakukan proses pemeriksaan barang bawaan penumpang. Petugas boarding akan dibantu petugas pengamanan stasiun dalam pemeriksaan. Selain itu para Porter stasiun juga akan diperingatkan untuk membantu pemeriksaan.

“Kami akan memerintahkan petugas kami untuk lebih teliti dan detail dalam memeriksa barang bawaan penumpang. Selain untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna jasa KA, hal ini juga untuk menjaga citra perusahaan”, jelas Ixfan.

Ditegaskan, penumpang KA harus patuh dan jujur pada aturan yang berlaku. Di antaranya tidak membawa bagasi jinjing dengan berat melebihi 20 kilogram. Selain itu penumpang KA tidak diperkenankan membawa barang yang mudah terbakar, narkoba, segala jenis hewan, barang atau buah yang baunya menyengat sehingga mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Penumpang yang akan mengirim atau membawa barang melebihi kuota yang sudah ditentukan juga bisa melalui perusahaan ekpeditur.

“Jika ada pengguna jasa KA yang akan mengirim binatang atau hewan piaraan bisa dititipkan melalui ekspeditur KA barang,” tegasnya. (BNC/nan)

Foto : twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.