Kwarran Cilongok Gelar Pelatihan Jurnalistik

BanyumasNews.com, PURWOKERTO- Kwarran Cilongok menggelar Pelatihan Jurnalistik Sabtu (17/2/2018) di Aula SD Negeri 1 Sambirata. Kegiatan dibuka oleh Camat Cilongok selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Lukman Nazarudin.

Pelatihan diikuti oleh ratusan peserta. Mereka tidak hanya pembina pramuka di Gugus Depan, tetapi juga calon pembina pramuka teritorial yaitu Kepala Dusun. Turut hadir pada upacara pembukaan Wakil Ketua V Bidang Humas Abdimas Agus Nur Hadie.

Supripto selaku ketua Panitia mengatakan, peserta terdiri dari 40 orang perangkat desa dan 61 pembina Pramuka SD/MI, SMP/MTS maupun SMK/MA di Cilongok.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberi bekal kepada para pembina pramuka agar bisa memahami ilmu jurnalistik, sehingga mereka ke depan mampu mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan melalui berbagai media,” katanya.

Untuk pemateri pihaknya mengandeng Tim Humas Abdimas Kwarcab Banyumas, tentang tehnik penulisan berita pramuka dan untuk juralistik tv pihaknya mengundang salah satu wartawan tv swasta di Purwokerto.

Sementara itu Ketua Mabiran Lukman Nazarudin mengatakan keikutsertaan perangkat desa yang didominasi oleh Kadus dimaksudkan agar pada saatnya ada pembentukan pramuka teritorial di desa, mereka sudah sedikit memahami dan tidak asing dengan pramuka.

“Hal ini untuk menghapus kesan bahwa Gerakan Pramuka di Kecamatan Cilongok khususnya tidak hanya milik pangkalan di sekolah-sekolah saja, akan tetapi instansi lain termasuk perangkat desa juga ikut aktif dalam kegiatan-kegiatan Gerakan Pramuka,” jelasnya.

Lukman menilai salah satu wadah pendidikan karakter terbaik ada di Pramuka. Pendidikan karakter sangat melekat kuat pada kegiatan-kegiatan Gerakan Pramuka, sehingga keikutsertaan perangkat desa dalam kegiatan ini sangat penting sehubungan dengan era informasi global. (BNC/Dodi Humas Kwarran Cilongok)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.