Mungkinkah ada PSCS Holcim, PSCS PLTU, atau PSCS Pertamina?

Keberhasilan PSCS Cilacap menembus kompetisi Divisi Utama PSSI membangkitkan gairah pemberdayaan potensi olah raga di Cilacap. Berbagai wacana berkembang, dari perlunya perbaikan stadion, rekrutmen pemain, sampai bagaimana industri yang ada di kota Cilacap dapat ikut berpartisipasi dalam prestasi olahraga di kota di bagian barat daya Jawa Tengah ini.

Diskusi-diskusi hangat antara lain bisa diikuti di facebooker pecinta PSCS di situs jejaring sosial facebook. Rasa bangga menjadi orang Cilacap pun mencuat seiring prestasi PSCS menjadi kesebelasan pertama di tlatah Banyumas yang mampu menembus kompetisi PSSI yang hanya satu level di bawah ISL (Indonesian Super League).

Adalah Ketua DPRD Cilacap, Fran Lukman sendiri yang mewacanakan ‘parisipasi’ pengusaha besar atau industri yang ada di Cilacap dalam olahraga. Seperti dikutip sebuah media, dia  menyatakan perusahaan yang ada di Cilacap setidaknya bisa dilibatkan untuk pemberdayaan olahraga dengan cara menjadi bapak asuh. Dia mencontohkan beberapa daerah lain yang bidang olahraganya cukup maju karena keterlibatan perusahaan. Seperti di Surabaya, Pabrik Semen Gresik jadi sponsor sepak bola Persebaya. Di Kudus, PT Djarum mem-back up penuh bidang olah raga bulutangkis dan banyak contoh lainnya.

Di Cilacap memang tumbuh perusahana besar baik swasta maupun BUMN. Ada BUMN Pertamina, pabrik seman Holcim (swasta), ada PLTU (PT ASDP), pabrik gula rafinasi PT DUS (Dharmapala Usaha Sukses), pabrik tepung gandung Pangan Mas, dll.

Karenanya tokoh politisi senior Cilacap ini mendorong agar Pemkab mulai memfasilitasi dengan cara mendorong agar perusahaan besar tersebut bersedia menjadi bapak asuh atau sponsor olahraga. Harapannya, potensi olahraga di Cilacap dapat lebih berkembang dan profesional.

Kalau sudah ada sponsor dari BUMN/swasta, tentu tidak akan membebani anggaran daerah, seperti yang selama ini terjadi.

Kalau Pemkab berhasil menggaet salah satu perusahaan besar yang ada, maka barangkali nanti (berandai-andai saja, boleh ‘kan?) akan ada nama kesebelasan yang berlaga di Divisi Utama dengan nama PSCS Pertamina, PSCS Holcim, PSCS DUS, PSCS PLTU atau PSCS Panganmas?

Lalu Anda warga Cilacap penggemar ‘PSCS Wijayakusuma’ Cilacap, setujukah dengan wacana di atas? Atau tidak peduli, apa pun yang akan ditempuh Pemkab, asal sah (halal) dan bisa dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya, yang penting PSCS bisa berjaya? *)

*) Andin S – penggemar PSCS

Antusiasme supporter PSCS - foto:pemkab
Antusiasme supporter PSCS - foto:pemkab

1 Comment

  1. siiippp yg penting wat kemajuan kota cilacap….. bagus tuh kalo gak menggerus anggaran daerah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.