Angin Kencang Guncang Banyumas, 11 Rumah Tertimpa Pohon

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Hujan lebat mengguyur wilayah Kabupaten Banyumas disertai angin kencang alias puting beliung terjadi Kamis (12/10/2017) sore, menyebabkan beberapa pohon tumbang dan menimpa rumah warga.

Tercatat di pendataan Tim Tagana Kabupaten Banyumas, pohon Albasia di depan Balai Benih Ikan Singasari tumbang dan melintang di jalan, menyebabkan akses jalan alternatif dari Singsari menuju Babakan dan Gununglurah tidak dapat dilewati.

Pohon Albasia cepat ditangani oleh TAGANA Kabupaten Banyumas dan SATGAS Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas.

Sementara itu informasi dari Babinsa Koramil Karanglewas Sertu Windu, pohon tumbang menimpa rumah Dodo, warga RT 03 RW 06 Desa Singasari, Kecamatan Karanglewas, sehingga atap rumah hancur.

Pohon jenis Sengon juga menimpa rumah Jamhari, warga RT 01 RW 05 Desa Singasari, mengakibatkan rumah hancur pada bagian atap, “wuwungan” dan tiang atap rumah patah semua.

“Karena sangat membahayakan penghuni rumah, untuk sementara Bapak Jamhari mengungsi ke rumah saudaranya”, kata Ady Candra Komandan Tagana Banyumas, Kamis (12/10/2017) malam.

Tim TAGANA Kabupaten Banyumas bersama dengan Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, RAPI Rescue Wilayah Banyumas dan BPBD Kabupaten Banyumas, membersihkan dahan yang menempel pada atap rumah. Dengan pertimbangan faktor keamanan karena sudah malam, maka pembersihan batang pohon akan dilanjutkan esok pagi.

Sementara di Desa Babakan Grumbul Pengempon rumah Asmuni di RT 01 RW 10, juga tertimpa pohon sengon. Karena sudah larut malam, dengan pertimbangan faktor keamanan, maka pembersihan akan dilaksanakan esok pagi.

Di Desa Sunyalangu Grumbul Walangsanga rumah Slamet RT 01 RW 02, juga tertimpa pohon namun segera dapat diatasi oleh warga masyarakat sekitar.

Di bagian lain wilayah Kecamatan Cilongok, Tim TRC BPBD Kabupaten Banyumas meluncur ke Desa Pageraji, karena mendapat laporan terdapat 4 (empat) unit rumah yang tertimpa Pohon kelapa, sehingga Tim dibagi menjadi dua agar efektivitas pergerakan Relawan dalam penanganan bencana angin puting beliung lebih maksimal.
Selanjutnya berdasar hasil Aseesment BPBD Kabupaten Banyumas, di Desa Karangkemiri pohon duren dengan diameter 50 cm tinggi 15 meter, tumbang menimpa 2 (dua) buah rumah milik Naswan (55 th), alamat Grumbul Tumanggal Lor RT 02 RW 03, yang mengakibatkan atap kamar tidur rusak, ruang tengah dan dapur, namun masih bisa ditempati. Kedua rumah Sidem (63 th), warga RT 01 RW 06.

“Sampai dengan saat ini pohon duren belum bisa ditangani karena situasi malam hari”, lanjut Ady.

Semangat itu 3 (tiga) buah pohon kelapa juga tumbang menimpa rumah Martawiradji (67 th), warga Grumbul Karangsalam RT 01 RW 06 Desa Karangkemiri, Kecamatan Karanglewas. Rumah non permanen dinding papan, atap seng dengan ukuran 7 meter kali 8,5 meter itu rusak berat, sehingga tidak dapat ditempatinggali. Saat ini Martawiraji mengungsi ke rumah saudaranya.

Di wilayah Langgongsari, Kecamatan Cilongok, juga terdapat beberapa pohon tumbang melintang jalan, namun segera dapat diatasi oleh warga masyarakat dibantu oleh TAGANA Kabupaten Banyumas.

Sampai dengan berita ini diturunkan, informasi data pemilik rumah yang tertimpa pohon di Desa Pageraji, Kecamatan Cilongok, belum didapatkan.

“Untuk relawan lain yang malam ini belum sempat bergabung, besok pagi (Jumat – red) akan dilaksanakan pembersihan pohon tumbang tersebut di lokasi-lokasi di atas”, pungkas Ady. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.