Unsoed Mantapkan Pondasi Menuju Kampus yang Diakui Dunia

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, Dr. Ir. Achmad Iqbal, M.Si. menyampaikan laporan tahunan yang semakin memantapkan pondasi untuk diakui dunia dalam pengembangan sumber daya perdesan dan kearifan lokal.

Unsoed yang sedang merayakan Dies Natalis ke-54 telah meraih berbagai capaian membanggakan, baik di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian, Kemahasiswaan, Tata Kelola, maupun Kerjasama.

Hal ini diungkapkan Rektor saat menyampaikan laporan tahunan di hadapan Sidang Senat Terbuka Dies Natalis ke-54 Unsoed, Sabtu, 23 September 2017 lalu.

Semua capaian Unsoed, lanjutnya, di Tahun 2017 semakin memantapkan capaian renstra Unsoed Berkarakter 2018, sebagai pondasi ke tahapan renstra selanjutnya yaitu Unsoed “Berkontribusi” (2022), Unsoed yang “Diakui” (2026) dan Unsoed yang “Dihormati” (2034).

  1. “Di bidang akademik, Unsoed kembali menjadi salah satu perguruan tinggi negeri yang seleksi masuknya memiliki tingkat keketatan yang tinggi. Dalam SNMPTN, SBMPTN, maupun seleksi mandiri. Dari 133.032 pendaftar, yang diterima hanya 5.339 mahasiswa di berbagai Program dimana 11 mahasiswa diantaranya berasal dari manca negara”, kata Rektor.

Tahun 2017 ini Unsoed juga membuka 10 (sepuluh) Program Studi Baru Pascasarjana sehingga hadirnya program-program studi baru tersebut, maka Tahun 2017 UNSOED telah memiliki 77 program studi yang  berada di 12 fakultas serta Program Pascasarjana.

Pada peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2017 di Makasar, Unsoed mendapat kehormatan menjadi salah satu perwakilan karya unggulan perguruan tinggi dengan menampilkan Padi Varietas Salin Agritan 79, MEP dan Unagi Kabayaki (Produk Unggulan sidat dengan gizi tinggi).  Pada tahun 2017 Unsoed menghasilkan jumlah penelitian sebanyak 375 judul dari berbagai skema dengan dana Rp. 17.168.383.000,-.

Beberapa temuan Inovasi Ipteks unggul yang telah dihasilkan antara lain Padi Varietas INPAGO Unsoed 1, Padi Varietas Salin Agritan79, Padi Varietas kandungan Fe tinggi, Cengkih muka dua, dan sebagainya. Pada saat ini Padi Varietas INPAGO Unsoed 1 dan Padi Varietas Salin Agritan 79 menjadi perhatian pemerintah sebagai benih padi nasional.

Unsoed juga berupaya meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat melalui  berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat terus meningkat seiring dengan tuntutan perkembangan dan kebutuhan.

Pada tahun 2017 sedang dilaksanakan 238  judul Pengabdian kepada Masyarakat Berdasarkan hasil pemetaan kinerja pengabdian, Unsoed berhasil masuk Klaster Perguruan Tinggi Unggulan, ini berarti kepercayaan dan kesempatan pendanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Unsoed semakin luas.

Salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen. Lokasi KKN  tersebar di 313 desa, 49 kecamatan, dari 9 kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yakni Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, Kebumen, Pemalang, Brebes, Tegal dan Pekalongan. Serta Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.  Unsoed juga melaksanakan KKN Internasional bekerjasama dengan Ibaraki University, Jepang.

Tata kelola Unsoed juga terus menunjukkan peningkatan.  Berdasarkan hasil audit laporan keuangan UNSOED periode tahun 2016 yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) UNSOED mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Unsoed juga berhasil meraih penghargaan sebagai Juara 1 Protokol Terbaik PTN BLU 2017 dan Juara Harapan II Lomba Kearsipan Perguruan Tinggi Tingkat Nasional.

Unsoed juga menambah fasilitas pendidikannya dengan  membangun  lima gedung pendidikan, satu rehab gedung perkantoran, dan penambahan satu unit Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL).

Mahasiswa Unsoed di tahun 2017 juga meraih berbagai membanggakan dengan meraih berbagai prestasi di tingkat internasional maupun nasional baik melalui kegiatan ilmiah maupun minat dan bakat mahasiswa.  Unsoed juga terus mengembangkan kerjasama internasional di mana di tahun ini Unsoed menambah kerjasama dengan universitas mancanegara. Hingga hari ini Unsoed telah menjalin perjanjian kerjasama dengan 31 instansi luar negeri.
Perkembangan Unsoed di tahun ini semakin lengkap dengan dukungan Sistem Informasi yang semakin handal sehingga siap mendukung berbagai program yang dicanangkan untuk tahap berikutnya. (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.