Masjid Agung Baitussalam Galang Dana dan Gelar Doa untuk Rohingya

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Pengurus Takmir Masjid Agung Baitussalam Purwokerto menggelar doa bersama sekaligus mengumpulkan donasi untuk membantu meringankan penderitaan masyarakat muslim etnis Rohingya di wilayah provinsi Rakhine, Myanmar.

Sekitar seribu jamaah memadati areal Masjid Agung Baitussalam. Rangkaian doa bersama diawali dengan salat Jum’at pada hari Jum’at siang 08 September 2017. Usai pelaksanaan Sholat Jumat, imam masjid Ustadz  Nur Sehah Al Hafidz langsung mengajak jamaah untuk melaksanakan shalat ghaib.

Usai shalat gaib, mereka menggelar doa bersama untuk keselamatan muslim Rohingya di Myanmar, yang dipimpin oleh Dr. H. Abdul Basith, M.Ag., dosen IAIN Purwokerto.

Aksi penggalangan dana kemanusiaan Rohingya dilakukan dengan cara membentangkan spanduk di pagar masjid dan pengumpulan dana dengan menyediakan kotak-kotak besar di dalam masjid.

Dr. HM Hizbul Muflihin, M.Pd. selaku Ketua Pengurus/Takmir Masjid Agung Baitussalam Purwokerto, menyampaikan
terima kasih atas upaya diplomasi pemerintah Indonesia yang diwakili Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam meredam krisis Rohingya di Rakhine State.

“Sampai sekarang hanya Indonesia yang bisa membuka akses komunikasi terhadap otoritas Myanmar”, katanya.

Dikatakan, pemerintah Indonesia juga telah menjalin komunikasi dengan pemerintah Bangladesh. Melalui komunikasi ini, Indonesia berencana mengirimkan bantuan kepada para pengungsi dari Rakhine yang lari ke perbatasan Bangladesh.

Ia berpendapat, prinsipnya bersepakat agar peristiwa-peristiwa yang merupakan tragedi perikemanusiaan ini segera dihentikan oleh seluruh pihak yang berkonflik di Myanmar. “Kecaman kita tentunya tak hanya kepada pemerintah Myanmar saja, namun juga kepada kelompok Rohingya supaya tidak melakukan tindakan yang anarkis juga”, lanjutnya.

Ia menyerukan kepada masyarakat internasional, termasuk negara-negara adidaya, dan mendesak PBB agar terus menjalin diplomasi dan segera menyudahi krisis kemanusiaan di Rakhine. (BNC/AE)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.