Taman Edukasi Sumber Daya Air Kranji Mulai Dibangun

Taman Edukasi Sumber Daya Air Kranji Mulai Dibangun

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Taman Edukasi Sumber Daya Air (TESDA) Kranji Purwokerto segera terwujud, menyusul kegiatan ground breaking atau peletakan batu pertama pembangunan, yang dilakukan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein Rabu (30/8/2017).

Taman Edukasi Kranji akan dibangun di lahan milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang berada di sekitar Bendung Banjaran II Sungai Kranji Purwokerto (depan SMP N 1 Purwokerto).

Peletakan batu pertama dihadiri Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, Kepala Dinas PU dan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah, Kepala Balai Pengelolaan Sumber DayaAir dan Penataan Ruang Serayu Citanduy, Dewan Sumber Daya Air Provinsi Jawa Tengah, FORKOMPIMDA Kabupaten Banyumas, Para Staf Ahli Bupati, Dekan Fakultas Teknik & Fakultas Pertanian Unsoed, Camat Purwokerto Timur beserta Lurah se-Kecamatan Purwokerto Timur dan Presiden Rotary Club Purwokerto.

Ground breaking taman edukasi sumber daya air (TESDA) oleh Bupati Banyumas

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengatakan, pembangunan taman merupakan kerjasama Pemkab Banyumas bersama Pemprov Jateng dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) dan persiapan pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2016 silam. Pemkab Banyumas menyiapkan tamannya, Pemprov untuk irigasinya, dan BBWS-SO berkaitan dengan sungainya.

“TESDA dibangun pada lahan seluas 1000 meter persegi dan ditargetkan pembangunan akan selesai pada tahun 2018. Taman nantinya akan dilengkapi dengan gedung pengelola sumber daya air, videotron yang menayangkan bagaimana cara mengolah air, juga ada pengamatan aliran-aliran sungai,” katanya.

Bupati berharap dengan adanya taman tersebut akan menjadikan masyarakat dapat mengetahui manfaat air sungai bagi kehidupan sehingga meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan sungai. (BNC/*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.