Korem 071/Wk Gelar Lomba Komsos Kreatif

Danrem 071

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Lomba Komsos Kreatif digelar sebagai ajang kreatifitas pelestarian budaya bangsa, serta menumbuh-kembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme generasi muda bangsa.

Demikian dikatakan Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi pada komsos kreatif Korem 071/Wk, Selasa (29/8/2017) di Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto No.1 Sokaraja Banyumas. Kegiatan lomba komsos kreatif diikuti perwakilan pelajar SMA/SMK Kodim di wilayah Korem 071, berlangsung Selasa – Rabu (29-30/08/2017).

Dikatakan, budaya bangsa Indonesia beraneka ragam bentuknya tidak hanya seni tradisional yang ada di seluruh nusantara. Namun adat istiadat daerah, bahasa dan sebagainya. Karenanya, kita sebagai generasi muda bangsa harus dapat melestarikan budaya adiluhung bangsa kita. “Kita harus menjaganya agar apa yang telah diwariskan pendahulu kita, tidak punah/hilang dan bahkan diambil bangsa lain sebagai budaya mereka”, ungkapnya.

“Kegiatan ini kita laksanakan di kalangan generasi muda khususnya para pelajar sebagai langkah dan upaya kita untuk meminimalisir dan mengantisipasi masuknya budaya asing di lingkungan generasi muda kita.

Juga meminimalisir serta mengantisipasi kegiatan yang bersifat negatif dan kurang bermanfaat, bahkan cenderung melanggar hukum seperti penggunaan media sosial yang tidak bijak yang mengarah pada tindakan negatif, pergaulan bebas, narkoba dan lainnya yang dapat merusak generasi muda bangsa”, terangnya.

Baca puisi salah satu lomba komsos kreatif di Korem 071

Disampaikan pula, kegiatan komsos kreatif Korem 071/Wk selain sebagai ajang mencari bibit-bibit generasi muda handal di bidang seni tari, seni suara dan puisi, juga untuk menggali potensi kearifan lokal yang ada di Jawa Tengah khususnya dan nusantara umumnya.

“Lomba kreativitas dalam komsos kreatif ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi saja, namun juga sebagai ajang pembelajaran para peserta tentang bagaimana melestarikan budaya asli daerah seperti teknik menari dan olah vokal serta bagaimana mendapatkan karakter menjiwai dan mengekspresikan naluri seperti pengembangan olah pikir dan hati”, ungkapnya. (BNC/dw)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.