Ikan Bertato Nuansa Kemerdekaan, Sisi Lain Peringati HUT ke 72 RI

Seorang pencinta ikan hias di Purwokerto menghias tubuh ikan dengan tato bertuliskan tema kemerdekaan. Cara lain menyambut HUT RI.

BanyumasNews.com, PURWOKERTO –
Ada saja cara yang dilakukan warga untuk ikut menyambut HUT ke 72 RI. Sejumlah penghoby ikan hias di Banyumas, Jawa Tengah, menghias sejumlah ikan dengan tato bernuansa kemerdekaan dan kepahlawanan.

Para pencinta ikan hias seperti tidak ingin kehilangan momen ikut merayakan HUT RI tahun ini, dan tidak hanya manusia yang diikutkan namun hewan pun bisa dijadikan obyek peringatan hari sakral bagi Bangsa Indonesia ini.

Seperti yang dilakukan seorang dokter hewan Ahmad Munajat, warga kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, ini. Ia menghias ikan bawal dengan membuat tato bertuliskan nama proklamator Soekarno dan Mohamad Hatta.

Selain itu ada juga ikan dengan tato bertuliskan NKRI, Pancasila dan UUD 45. Menurut Munajat, tulisan itu sebagai bentuk kecintaan kepada NKRI. “Selain itu untuk ikut meramaikan peringatan kemerdekaan RI”, katanya.

Proses membuat tato pada tubuh ikan menurut Munajat cukup sulit, karena harus menggunakan ramuan agar mempermudah membuat tato. “Hal ini agar mulai dari mengoles ramuan hingga membentuk tulisan tidak melukai ikan dan ikan tidak merasa tersiksa”, lanjutnya.

Sejak Muka membuat tato pada ikan, banyak warga yang datang sekedar untuk melihat. Munajat mengaku ikan bertato dengan tema kemerdekaan ini tidak dijual dan hanya untuk hiasan belaka. (BNC/ nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.