TMMD Wahana Kebersamaan dan Sinergitas | TMMD ke 99 Kodim 0701/Bms Ditutup

BanyumasNews.com –¬†TMMD¬†merupakan wahana kebersamaan, memupuk dan meningkatkan sinergitas.

Demikian Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono dalam amanat tertulis yang disampaikan Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Agus Prabowo Adi, S.E. selaku Irup Penutupan TMMD Reg Ke-99 Kodim 0701/Bms, Rabu (2/8/2017) di Lapangan Desa Rempoah, Baturaden, Banyumas.

Disampaikan Kepala Staf TNI AD, selama satu bulan sejak 4 Juli 2017 para prajurit, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD Ke-99.

“Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa pada masa sekarang ini, termasuk membantu pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat guna menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara”, terang Kasad.

Upacara penutupan TTMD Kodim 0701/Bms di Rempoah

Dikatakan pula bahwa program TMMD yang telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD), setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 37 tahun ini semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai koridor undang-undang”, ungkapnya.

“Keberhasilan kegiatan TMMD sangat dirasakan masyarakat ataupun Pemda, sehingga Pemda bersama rakyatnya meminta agar kegiatan TMMD ditambah”, lanjutnya.

Berdasarkan keinginan masyarakat itulah, sambungnya, maka pada TA. 2017 ini terjadi perubahan program TMMD, yang semula dua kali dalam setahun menjadi tiga kali setahun sesuai Surat Mendagri RI kepada Gubernur serta Bupati/Walikota Nomor 140/174/SJ tanggal 16 Januari 2017 tentang penambahan kegiatan program TMMD dari dua kali menjadi tiga kali dalam setahun.

“Program TMMD Ke-99 tahun 2017, merupakan tahun ketiga dari rencana strategis TNI AD tahun 2015-2019”, jelasnya.

“Keberhasilan ini, sangat penting karena menjadi titik tolak keberhasilan tahun-tahun selanjutnya. Oleh sebab itu, bila perencanaan, pelaksanaan dan laporan hasil kegiatan melalui proses yang prima, selektif dan akurat di lapangan, maka akan menghasilkan kegiatan yang optimal”, tegas Kasad.

Upacara penutupan TMMD Reg Ke-99 Kodim 0701/Bms dihadiri Kasrem 071/Wk Letkol Inf Ariful Mutaqin, Wakil Bupati Banyumas dr.Budi Setyawan beserta Forkopimda Banyumas, para Ka Balak Aju Kodam IV/Dip, Muspika Baturaden, Kades Rempoah beserta perangkat desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ketua Jalasestri Lanal Cilacap, Ketua TP-PKK Banyumas beserta Wakil, Ketua Persit KCK Cab XXVI Dim 0701/Bms beserta pengurus dan anggota, ormas, organisasi kepemudaan, mahasiswa, pelajar dan pramuka serta Dinas instansi terkait, BUMN, BUMD, Perbankan serta warga masyarakat Desa Rempoah dan sekitarnya.

Usai pelaksanaan kegiatan upacara penutupan TMMD Reg Ke-99 Kodim 0701/Bms, Irup beserta tamu undangan meninjau lokasi TMMD dan penandatanganan prasasti, pembukaan slubung tugu TMMD Reg Ke-99 Kodim 0701/Bms, serta peresmian pembukaan jalan hasil TMMD dengan dilaksanakannya pemotongan pita oleh Danlanal Cilacap disaksikan Forkopimda Banyumas dan warga masyarakat. (BNC/DW)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.