Ada-ada Saja, Bisa Naik Tapi Tak Bisa Turun dari Pohon Kelapa | Tertahan 5 Jam di Puncak Pohon

BanyumasNews.com, BANYUMAS – Kejadian langka terjadi di Banyumas, Jawa Tengah. Seorang pria bisa naik sampai puncak pohon kelapa tapi tidak bisa turun, sehingga harus melibatkan Tim SAR BPBD Kabupaten Banyumas untuk mengevakuasinya dari atas pohon kelapa.

Ruswanto (60), warga RT 05/06, Desa Pasinggangan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, harus tertahan di atas pohon kelapa, nangkring di atas pelepah daun kelapa (blarak) selama lebih dari 5 jam, pada Senin (17/07/2017), dari pukul 16.30 sampai sekitar pukul 20.55 WIB. Pasalnya ia bisa naik, tapi tidak bisa turun.

Menurut Tofik (20), anak kandung Ruswanto, pada waktu Maghrib ia mendapati ayahnya masih berada di atas pohon kelapa dengan ketinggian 10 meter. “Bapak berteriak-teriak meminta tolong karena tidak bisa turun dari pohon kelapa”, katanya.

Tofik kemudian meminta bantuan kepada warga sekitar untuk mengamankan Ruswanto, dengan menggunakan sarung dan tali dadung yang dikaitkan ke pohon. Namun upaya ini tidak berhasil dan beresiko.

Warga akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas untuk mengevakuasi Ruswanto. Proses evakuasi memakan waktu cukup lama, dari pukul 20.10 – 20.55 WIB.

TRC PB BPBD Banyumas menggunakan teknik vertikal rescue (lowering), teknik yang digunakan untuk menurunkan korban dari atas ke bawah. Proses evakuasi dipimpin langsung oleh Kasi Darlog (Kedaruratan dan Logistik).

Setelah berhasil dievakuasi, korban
langsung dibawa ke RSUD Banyumas untuk diperiksa lebih lanjut. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.