Pasar Murah Ramadhan Pemkab Banyumas Dipusatkan di Desa Klinting Somagede

 

BanyumasNews.com, SOMAGEDE – Dalam rangka menyambut lebaran 2017, Pemerintah Kabupaten Banyumas yang diprakarsai oleh Dinas Perindustian dan Perdagangan, menggelar pasar murah Rabu (14/6/2017) di Desa Klinting, Kecamatan Somagede. Lokasi tersebut dipilih karena warga desa Klinting dinilai masih banyak yang kurang mampu. Pasar murah Ramadhan dibuka oleh Bupati Banyumas Achmad Husein.

Bupati berpesan agar sekalipun merupakan pasar murah, petugas diminta memberikan pelayanan sebaik-baiknya, ramah, semanak dan sumeh, serta mengutamakan ketertiban, keamanan dan kenyamanan pasar murah ini. Dengan cara demikan diharapkan maksud dan tujuan diadakannya pasar murah ini benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan target serta harapan.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyerahkan sembako kepada warga miskin Desa Klinting Somagede

Bupati juga meminta warga masyarakat yang memiliki kupon untuk antri dengan tertib, tidak saling berebut, saling menghargai, saling membantu dan saling menjaga diri, sehingga diharapkan pelaksanaan pasar murah dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Mula kuwe, inyong njaluk sedulur-sedulur kabeh padaha ngantri sing tertib, aja rebutan, apa maning ngasi sol-solan utawa jorog-jorogan. Sing wis olih kupon ora perlu kewatir, kabeh mesti kebagian. Percaya baen, ora mungkin ketriwal” pesan Bupati.

Kepala Dinas Pendustrian dan Perdagangan, Yunianto mengatakan Pasar murah menyediakan ratusan paket murah dari berbagai OPD. Sebanyak 15 OPD dan lembaga lain berpartisipasi pada pasar murah ini. Khusus Pemkab menyediakan 150 paket yang berisi 2 kg tepung terigu, 2 lt minyak gorek dan 1 kg gula pasir.

“Dari 150 paket itu, 50 paket diberikan secara gratis kepada lansia dan 100 paket lainnya dijual harga Rp 25.000 per paket untuk masyarakat yang kurang mampu, dengan mendapat Subsidi Rp 30.000” kata Yunianto.

Selain paket murah dari pemkab beberapa OPD juga menjual paket murah seperti Dinperindag Provinsi Jawa Tengah menyiapkan 400 paket sembako,  disnakan menjual 750 paket telur, Dinpertan KP Kabupaten Banyumas menyiapkan 500 paket sembako, BI Purwokerto 600 paket sembako, OJK menyiapkan 200 paket susu dan sirup, Bank Jateng 50 Paket Sembako, BRI Cabang Purwokerto 100 Sembako, BPR BKK dan PDAM 150 Sembako dan GOW 200 paket pakaian dan alat pecah belah, serta BPMD Propvinsi Jawa Tengah menyiapkan 600 paket sembako.

“Selain itu barang-barang yang disediakan oleh para pengusaha, organisasi wanita, dan organisasi pemuda, semua harga dibawah pasar, total paket yang dijual murah total 3.650 paket,” kata Yuianto.

Bank Indonesia ikut hadir dalam kegiatan ini dan menyediakan Mobil Kas Keliling, dengan melayani penukaran uang baru. (BNC/ParS)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.