4 Flyover Purwokerto – Brebes Dikerjakan 24 Jam, Target Rampung Sebelum Lebaran

BanyumasNews.com, TEGAL – Sebanyak 4 flyover di jalur Purwokerto – Brebes didedikasikan untuk bisa dilewati pada mudik lebaran 2017 ini. Proyek jalan layang yang melintas di atas perlintasan kereta api itu dikebut pengerjaannya, dikerjakan 24 jam.

Demikian dikatakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi pembangunan flyover Klonengan, Prupuk, Tegal, Sabtu (29/4/2017). Flyover Klonengan Prupuk yang panjangnya 1.011 meter, merupakan salah satu dari empat flyover itu yang progresnya sudah mencapai 82%, tercepat dari flyover lainnya.

Struktur jembatan rangkanya telah mencapai 95%, dengan timbunan tanah atau urugan di belakang abutment (oprit) 70%. Sementara pemasangan voided slab atau jembatan plat berongganya sudah mencapai 60%.

Rencananya flyover Klonengan Prupuk bisa difungsikan pada 16 Juni 2017, dimana struktur selesai hingga lantai beton serta rambu dan marka sementara.

Menteri PUPR Meninjau pembangunan fly over Klonengan Prupuk

Sementara itu flyover Dermoleng, yang panjangnya 650 meter, pembangunan saat ini mencapai 62%. Flyover ini diharapkan berfungsi pada 10 Juni 2017, dengan struktur lapis aspal dan rambu serta marka sementara.

Flyover Kesambi dengan panjang 470 meter, progresya telah mencapai 72%. Flyover ini juga diharapkan bisa digunakan pada 10 Juni 2017.

Pengerjaan fly over Kretek dikebut. Gambar beberapa minggu lalu

Pengerjaan yang tergolong lambat dibandingkan dengan flyover lainya adalah flyover Kretek yang panjangnya 700 meter. Progresnya baru 42%, namun pengerjaannya diyakini bisa selesai pada 16 Juni 2017.

Flyover Kretek terkendala masalah pembebasan lahan.

Dengan berfungsinya 4 flyover tersebut, kemacetan parah saat arus mudik dan arus balik lebaran di jalur yang menghubungkan ruas jalan di pantura dan selatan Jawa Tengah itu akan teratasi. (BNC/*/ant)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.