Simulasi Bencana Jadi Ajang Selfie

BanyumasNews.com, AJIBARANG – Simulasi bencana alam dalam rangka hari kesiapsiagaan bencana nasional, HKBN, di Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (26/04/2017) dilakukan serentak di tiap kantor Kecamatan. Sayangnya kegiatan yang mestinya bisa untuk latihan ini ternyata lebih banyak dijadikan ajang selfie atau swa foto.

Puluhan petugas TAGANA dibantu Satpol PP, polisi dan Tim SAR lainnya di Kecamatan Ajibarang, Banyumas, melakukan adegan skenario terjadinya gempa bumi. Sejumlah karyawan yang berada di kantor berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Heru Eko Camat Ajibarang

Beberapa orang menjadi korban tertimpa reruntuhan karena terlambat menyelamatkan diri. Sementara warga lainya dikumpulkan di lokasi yang aman.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk ajang latihan penyelamatan dan kewaspadaan terhadap bencana alam tampak kurang serius dilaksanakan. Bahkan kegiatan ini hanya dijadikan ajang foto-foto diri atau selfie.

Camat Ajibarang Heru Eko Surono mengakui simulasi ini baru pertama kali dilakukan sehingga pelaku kegiatan masih belum paham skenario yang harus dilakukan. “Ke depan diharapkan mampu meningkatkan ketrampilan dalam penanganan bencana alam”, katanya. (BNC/NAN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.