Jalan Sehat Launching Kampung KB Berhadiah Kambing

BanyumasNews.com, SUMBANG – Ratusan orang mengikuti jalan sehat dalam rangka launcing Kampung KB RW 2 Desa Kotayasa, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah Mingu (23/4/2017) pagi.

Jalan sehat dibuka oleh Camat Sumbang berserta Forum Pimpinan Kecamatan. Pada kegiatan tersebut juga diresmikan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK – KRR) Punakawan.

Karso ketua PIK R Punakawan selaku ketua panitia jalan sehat, mengatakan jalan sehat diikuti masyarakat desa Kotayasa, khususnya remaja. Juga dihadiri Kepala Desa se Kecamatan Sumbang serta PPKBD.

“PIK R Punakawan beranggotakan berbagai kelompok muda yang diharapkan lebih meningkatkan persatuan, kekompakan dan dapat membuat kegiatan yang menarik serta bermanfaat dalam mewujudkan remaja sehat dan berencana,” katanya.

Kepala Desa Kotayasa Nani mengharapkan dengan dilaunchingnya Kampung KB di RW 2 dan diresmikan PIK KRR Punakawan dapat memotivasi masyarakat untuk mengikuti KB dan merencanakan keluarga yang sehat dan bahagia.

“Dengan perencanaan keluarga dari sejak remaja, tidak melakukan perkawinan muda, dan setelah berkeluarga melakukan perencanaan mempunyai dua anak cukup, tentu akan menjadi keluarga yang lebih sejahtera,” katanya.

Hadiah utama jalan sehat berupa seekor kambing yang diperoleh oleh warga setempat, Rusiyah. Selain kambing ada berbagai hadiah seperti kulkas, barang barang perelatan rumah tangga serta hadiah hiburan.

Di sela-sela jalan sehat, Camat Sumbang Nungky Hari Rahmat mengatakan di Kecamatan Sumbang dari jumlah 19 desa, ada 9 desa yang pencapaian program KB nya di bawah rata-rata. Untuk desa yang pencapaian KB masih rendah, pihaknya bersama dinas terkait menggenjot dengan Program Kampung KB. Sampai dengan hari ini sudah ada 3 desa, yaitu Tambaksogra, Sumbang dan Kotayasa yang sudah dilauncing, 6 desa lainya menyusul. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.