Purbalingga – Kudus Jalin Kerjasama Pengembangan Potensi Daerah

 

kerjasama kudus purbalinggaBanyumasNews.com, PURBALINGGA – Kabupaten Purbalingga menjalin kerjasama pengembangan potensi daerah dengan pemerintah kabupaten Kudus. Penandatanganan kesepakatan bersama dilakukan di Pendopo Dipokusumo, Purbalingga antara Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM dan Bupati Kudus H. Mustofa, SE, MM, Rabu (8/3/2017).

Momentum penandatanganan tersebut menjadi awal kerjasama kedua kabupaten yang akan ditindaklanjuti oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya dalam pengembangan potensi ekonomi dan pemerintahan.

“Saya bersama seluruh jajaran pemkab siap berkomitmen untuk bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Kudus. Purbalingga ingin seperti Kudus, bagaimana pendapatan perkapitanya tinggi, masyarakatnya sejahtera dan hidupnya layak,” ujar Bupati Tasdi usai penandatanganan kerjasama dan pengukuhan Forum UMKM Kabupaten Purbalingga.

Bupati Tasdi (kanan) bersama Bupati Kudus Mustofa (baju batik) meninjau batik khas Purbalingga

Dikatakan Bupati Tasdi, kerjasama dengan kabupaten Kudus merupakan realisasi dari amanat Undang Undang Nomor 23 tahun 2014, dimana pemerintah kabupaten/kota diberikan kewenangan untuk membangun kebersamaan melalui kerjasama antar daerah.

“Kita akan bekerjasama tentang bagaimana pengembangan ekonomi rakyat, terutama bekerjasama pengembangan potensi-potensi daerah dengan berbagai inovasi yang ada di Purbalingga dan Kudus,” jelasnya.

Bupati Kudus H Mustofa, SE, MM menuturkan pihaknya menjalin kerjasama dengan kabupaten Purbalingga guna membangun jejaring antar daerah dalam rangka pengembangan potensi yang ada di kedua daerah. Baik dalam segi potensi sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), maupun potensi wilayah.

“Kita akan lihat potensi apa saja yang bisa dikembangkan melalui kerjasama ini, sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk pemerintah, masyarakat dan para pelaku bisnis di kedua kabupaten,” kata Bupati dua periode yang juga pembina forum UMKM Provinsi Jawa Tengah.

Senada dengan Tasdi, Bupati Kudus juga menegaskan bahwa kerjasama yang diteken akan ditindaklanjuti dengan aksi nyata oleh OPD di masing-masing kabupaten. “Fokus kerjasama di semua bidang. Kita punya OPD bidang ekonomi, perdagangan, kesejahteraan. Semua akan terkait,” jelasnya.

Pelantikan Forum UMKM Purbalingga

Saat meninjau pameran produk UMKM Purbalingga, Mustofa berjanji akan membranding produk batik Purbalingga dengan sentuhan design yang lebih menjual. Batik khas Purbalingga seperti motif pesona goa lawa, motif knalpot, motif lumbon dan lainnya akan dipadukan dengan motif batik khas Kudus yang akan dikerjakan oleh designer Kudus.

Bahkan potensi batik itu akan dicoba ditangani oleh designer kenamaan Ivan Gunawan yang telah lama bekerjasama dengan Pemkab Kudus. “Pak Bupati (Tasdi-red) juga akan coba kita branding dengan design-design Igun,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kudus yang juga Pembina Forum UMKM Jawa Tengah juga mengukuhkan kepengurusan Forum UMKM Kabupaten Purbalingga yang diketuai oleh Sribawa Tridjuniati.  Usai acara di Pendapa Dipokusumo, Bupati Mustofa dan rombongan OPD kabupaten Kudus melakukan kunjungan lapangan di sejumlah potensi ekonomi kabupaten Purbalingga. (BNC/Hr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.