UMP Berkomitmen Makin Mendunia | Dari Wisuda UMP ke 58

umpBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Sabtu (4/3/2017) menggelar wisuda ke 58 yang berlangsung di Auditorium Ukhuwah Islamiyah kampus tersebut. Dikutip laman resmi UMP, dalam pidato pelepasan wisudawan, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH mengatakan UMP berkomitmen menjadi universitas lekas dunia.

Pada wisuda UMP ke 58 ini terdapat 504 lulusan yang diwisuda terdiri dari 33 lulusan program magister, 468 lulusan program sarjana, dan 3 orang lulusan program Diploma III.

Rektor menyatakan pada usianya ke 52, UMP telah menjadi perguruan tinggi Islam terbesar di Jawa Tengah Selatan dan terbaik. “Kita juga telah berkomitmen agar UMP menjadi semakin mendunia, sejalan dengan program internasionalisasi yang sedang kita lakukan,” jelasnya.

Rektor juga menegaskan akan terus meningkatkan kualitas dosen dan lulusannya, serta menambah berbagai fasilitas penunjang pendidikan. “Pembangunan UMP yang sedang berlangsung, diharapkan akan makin mengokohkan posisi UMP sebagai perguruan tinggi yang diperhitungkan kaena kualitasnya,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho, Sag, MSI, MHI, dalam laporannya menyatakan wisuda kali ini merupakan prosesi pelepasan lulusan magister, sarjana dan ahli madya ke 58 sejak UMP berdiri dan masih berbentuk IKIP Muhammadiyah, atau wisuda ke 45 setelah alih status universitas.

Sebanyak 504 lulusan UMP yang diwisuda terdiri dari 33 lulusan program magister Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S2). Sedangkan lulusan sarjana yang diwisuda berjumlah 468 orang, berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 215 orang, Fakultas Agama Islam sebanyak 19 orang.

Kemudian Fakultas Ekonomi sebanyak 119 orang, Fakultas Teknik 34 orang, Fakultas Pertanian 13 orang, Fakultas Psikologi 15 orang, Fakultas Farmasi 30 orang, Fakultas Sastra 4 orang, Fakultas Hukum 12 orang dan Fakultas Ilmu Kesehatan sebanyak 7 orang. Sedangkan dari program Diploma III, ada 3 orang yang diwisuda.

Adapun lulusan terbaik dari program magister diraih oleh Welly Nores Kartadireja dengan IPK 3,87, masa studi 2 tahun 6 bulan. Sedangkan 3 terbaik dari program S1 diraih oleh Adinda Lionita Hidayah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IPK 3,92), Tuti Alawiyah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IPK 3,92) dan Bayu Adi Sulistyo, Fakultas Sastra (IPK 3,88). Untuk Diploma 3, Eka Apriasih yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IPK 3,21) berhasil menjadi yang terbaik.

Di samping lulusan terbaik dari aspek akademik, UMP memberikan penghargaan pada 3 wisudawan untuk kategori terbaik di bidang Al Islam Ke-Muhammadiyahan. Ketiganya yakni Eko Prastowo (Pendidikan Matematika, FKIP), Hamizah Zebriyaty (Pendidikan Agama Islam, FAI) dan Rahmah Prihatin (Pendidikan Agama Islam, FAI).

Selain itu, Ikatan Alumni UMP juga memberikan penghargaan pada 3 berprestasi terbaik di bidang non akademik yakni Anggi Nuritasari (Fakultas Farmasi), Dwita Aliniar (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Rizqi Noermentari (Fakultas Farmasi). (BNC/*)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.