Tiga Desa di Lumbir Dilanda Bencana Tanah Longsor

longsor lumbirBanyumasNews.com, LUMBIR – Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Banyumas, telah menyebabkan beberapa bencana di Wilayah Kabupaten Banyumas dengan skala kecil maupun skala besar. Tercatat selama 3 (tiga) hari ini di Wilayah Kecamatan Gumelar terdapat 3 (tiga) Desa yang mengalami kejadian bencana khususnya Tanah Longsor.

Informasi yang dihimpun dari Tagana Banyumas, pada hari Selasa (28/2/2017) pukul 15.00 WIB di Desa Karangkemojing RT 03 / 0,  Gumelar, Banyumas telah terjadi talud milik Johan roboh, mengakibatkan tembok rumah permanen milik tetangganya Sumawi (75 thn) jebol tertimpa longsoran talud. Longsor talud dikarenakan hujan deras yang mengguyur sehingga talud tidak kuat menahan resapan air. Ditambah kondisi tanah yang miring sehingga mengakibatkan talud longsor setinggi 3 meter dan panjang 8 meter.

Talud jebol mengakibatkan longsor menimpa rumah warga

Selanjutnya pada hari Rabu (1/3/2017) hujan deras sejak sore hari pukul 16.00 WIB telah mengakibatkan tanah longsor di Desa Tlaga dengan data kerugian menurut Yagsbsmaterial puluhan juta rupiah.

Seperti di Grumbul Larangan RT 03 RW 05,  tebing setinggi 15 m lebar 20 m menutup total jalan penghubung penghubung antara RT 03 menuju RT 02. Longsoran tanah tersebut juga sudah sampai ke teras rumah Sabar (53th) dengan kerugian sekitar Rp 5.000.000,00.

Di Grumbul Tipar RT 02 RW 03 tebing setinggi 25 m lebar 20 m mengancam jalan desa. Longsor dan material longsoran juga telah menimpa jalan samping rumah Tarwanto (45 th) dengan kerugian sekitar Rp 3.000.000,00

Sementara itu, di Grumbul Legok RT 01 RW 08 tebing longsor mengancam rumah Kudiat (51 th) kerugian ditaksir sekitar Rp 2.000.000,00.

Lalu di Grumbul Jambenom RT 02 RW 01 jalan penghubung antar kabupaten dari Kabupaten Banyumas ke Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap tertutup longsor sepanjang 20 meter dengan ketebalan 1 meter. Kendati tertutup longsor, namun jalan masih dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat melintasi material longsoran tersebut.

Di Grumbul Karangkemiri RT 01 RW 04 jalan penghubung antar kabupaten dari Kabupaten Banyumas ke Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap juga tertutup longsor sepanjang 30 meter dengan ketebalan 1,2 meter. Material sudah disingkirkan sehingga dapat dilalui kendaraan roda dua.

Tim SAR dari berbagai daerah dan warga menyingkirkan material longsoran

Di Wilayah lain pada hari Kamis (2/3/2017) pukul 02.00 Wib di Grumbul Dukuh Petir Desa Kedungurang RT 05 / 02, Gumelar, Banyumas telah terjadi pondasi rumah longsor yang mengakibatkan rumah milik Ahmad Sahidin Nusam (70 thn) longsor. “Kejadian tanah longsor di Desa Kedungurang mengakibatkan terancamnya rumah Bapak Ahmad Sahidin Nusam. Pada saat kejadian Bapak Ahmad Sahidin Nusam bersama keluarga sedang melaksanakan istirahat tiba-tiba mendengar suara gemuruh, kemudian langsung dicek oleh Bapak Ahmad Sahidin Nusam ternyata pondasi rumah bagian dapur longsor sehingga mengakibatkan dapur rumah dengan ukuran lebar 7 meter dan 10 meter mengalami retak-retak”, tutur Ady Chandra Ketua Tagana Banyumas.

Tim Tagana Banyumas, SATLINMAS INTI Satpolpp Kabupaten Banyumas, RAPI CIPAKULARANG, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, KORAMIL Gumelar dan segenap Masyarakat kemarin Kamis (2/03/2017)melakukan kerja bakti membersihkan material longsoran yang terjadi dibeberapa titik tersebut khususnya kejadian pada hari Rabu (1/3) yang terjadi di Desa Tlaga dan Desa Kedungurang. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.