Perantau Batam Asal Arenan Kaligondang Nanggap Wayang

wayangBanyumasNews.com, PURBALINGGA – Sukses dirantau, menggelar hiburan di kampung halaman. Itu yang dilakukan warga Desa Arenan, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, yang merantau di Kota Batam. Mereka menggelar syukuran dengan mementaskan pagelaran wayang kulit pada Rabu malam (01/03). Pegalaran Wayang dibawakan dalang Ki Sigit Jono Saputro dari Banyumas, bertempat di kediaman Mashudi di desa setempat.

Kepala Desa Arenan, Esti Dwi H. mengatakan, hampir sepertiga penduduk atau sejumlah 3.000 (tiga ribu) warga Desa Arenan adalah perantau di Kota Batam. Dari jumlah tersebut kebanyakan bekerja di sektor swasta. “Ada juga yang berdagang, bertani bahkan jadi pengusaha yang sukses dan telah banyak juga yang menetap menjadi warga Kota Batam,” kata Esti.

Sebelum pagelaran wayang kulit ditampilkan tarian lengger dan juga prosesi bedah kupat lubar, kupat lepet dan kupat slamet oleh Bupati Purbalingga dan Mashudi selaku perwakilan warga perantau.

Mashudi tokoh perantau memberikan sambutan

Prosesi tersebut melambangkan bahwa warga perantau telah merealisasikan nadzarnya, memohon maaf atas segala kesalahan dan juga permohonan selamat dunia akhirat.

Bupati Purbalingga Tasdi, yang hadir bersama  Sekretaris Daerah Kabupaten Purbalingga Wahyu Kontardi, Forkopimda dan juga Kepala OPD dan para Camat, menyampaikan apresiasi kepada warga Purbalingga khususnya Desa Arenan yang merantau di Kota Batam dan sebagian besar telah mendulang sukses.

“Saya telah 11 (sebelas) kali bersilaturahmi dan bertemu dengan warga Purbalingga di sana, dari sebelum menjabat Bupati, dan saya nilai bagus karena banyak yang telah sukses bahkan menjadi pengusaha Nasional,” kata Bupati Tasdi.

Walaupun merantau dan telah menjadi warga Kota Batam, Bupati Tasdi berharap agar perantau yang telah sukses dan menjadi pengusaha nasional juga berinvestasi di kampung halamannya yaitu Purbalingga untuk ikut serta berkontribusi pada pembangunan Purbalingga.

“Ada sejumlah 15.000 perantau asal Purbalingga di sana, semoga nanti teman-teman di Kota Batam berkenan berinvestasi di Purbalingga, mungkin akan berinvestasi dengan membangun mall, hotel atau infrastruktur lainnya. Yang pasti ikut serta mbangun Purbalingga,” lanjut Bupati Tasdi. (BNC/Taufiq.h/Sap’s).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.