Buaya Milik Warga Dipindahkan ke Penangkaran

Buaya cilongokBanyumasNews.com, CILONGOK – Seekor buaya milik warga Panusupan, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu sore (01/03/2017) tadi diambil petugas BKSDA karena dianggap sebagai penangkaran liar. Pemilik buaya sendiri akhirnya menyerahkan kepada petugas karena khawatir hewan itu lepas dari kandangnya.

Buaya jenis muara milik Muhamad Tirto Sudarno, warga Panusupan, Cilongok, itu akhirnya diambil petugas BKSDA Kabupaten Banyumas, karena pemiliknya tidak sanggup lagi memelihara hewan berbahaya tersebut. “Hewan yang dilindungi ini akan dipindahkan ke penangkaran resmi yang berada di Kedungbanteng Banyumas”, kata Rahmat Hidayat, petugas BKSDA, ketika mengambil biaya berusia tiga tahun itu.

Upaya evakuasi cukup sulit karena kandang sempit dan sangat tidak layak. Rahmat Hidayat menilai sangat berbahaya memelihara hewan buas tersebut di samping rumah. Upaya pemindahan ini menurutnya karena ada larangan memelihara binatang yang dilindungi.

Kandang buaya yang sempit dan tidak layak

Sementara itu menurut Muhamad Tirto Sudarno, sang pemilik, buaya yang dipeliharanya berusia 3 tahun. Panjangnya dua meter. “Ini merupakan hadiah ulang tahun dari teman di Jakarta”, katanya.

Kurang lebih selama setahun buaya itu dipelihara Tirto Sudarno dengan membuat kandang yang sederhana di samping rumah.

“Namun belakangan hewan ini kerap berontak dan coba keluar kandang”, lanjutnya.

Karena dirinya khawatir hewan ini membahayakan ia kemudian menghubungi petugas BKSDA Banyumas agar ditangkar di penangkaran resmi. (BNC/Nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.