KA Kamandaka Kini Dengan Tampilan Baru | Kamandaka New Image

KA KAMANDAKABanyumasNews.com, PURWOKERTO – PT KERETA API INDONESIA Daerah Operasi 5 Purwokerto meluncurkan Kereta Api Kamandaka New Image sebagai bentuk apresiasi dan peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. Kereta Api yang makin menjadi favorit di relasi Purwokerto-Semarang itu berganti rangkaian pada tanggal 23 Februari 2017, menggunakan rangkaian baru dengan tampilan yang lebih bagus.

Menurut Manajer Angkutan Penumpang, Kuscahyono, rangkaian Kereta Api (KA) Kamandaka menggunakan model rangkaian yang sama digunakan oleh Kereta Api Krakatau dan Bogowonto. “Jumlah seat (tempat duduk) sekarang berkurang menjadi 80 penumpang di setiap keretanya, dengan total muat 464 penumpang, ” ujarnya.

Yang menarik, ada fitur baru yang disediakan oleh PT KAI (Persero) yaitu kereta khusus Difabel. Kereta tersebut diperuntukan bagi pelanggan yang berkebutuhan khusus, karena dilengkapi dengan tempat untuk menaruh kursi roda. “Hanya ada satu kereta khusus dan kapasitas angkutnya hanya untuk 64 orang saja,” imbuhnya.

Kereta tersebut tetap boleh dibeli oleh penumpang umum, dan kedepan akan ada penambahan stamformasi menjadi 2 buah kereta difabel.

Manajer Humas Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko mengharapkan inovasi yang dihadirkan oleh PT KAI (Persero) mendapat respon yang baik oleh masyarakat. “Rangkaian baru ini bertujuan agar minat dan animo masyarakat yang ingin bepergian ke arah Purwokerto, Tegal dan Semarang lebih tinggi dengan menggunakan Kereta Api. Sementara untuk tarif dan waktu keberangkatan pun masih menggunakan tarif dan jadwal yang sama,” katanya singkat.

Sebagai informasi, Kereta Api Kamandaka New Image tersebut membawa 5 kereta penumpang dengan muatan 80 penumpang di tiap keretanya, yakni 1 kereta difabel berisi 64 orang, dan 1 kereta makan kelas 3 (ekonomi).

Untuk kereta khusus difabel KA Kamandaka keberangkatan stasiun Purwokerto di K3 berada di kereta nomor 1, sedangkan untuk keberangkatan stasiun Semarang Tawang posisi di kereta nomor 6. Sebelumnya KA Kamandaka memuat 6 kereta ekonomi untuk 106 penumpang di setiap keretanya dengan total jumlah 636 penumpang. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.