Mengenal Rail Clinic, Layanan Kesehatan PT KAI

Rail ClinicRail Clinic? Istilah itu mungkin asing bagi Anda. Rail Clinic atau kereta sehat adalah bagian dari layanan kesehatan yang diadakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat.

Seperti KAI DAOP 5 Purwokerto misalnya, mengadakan bakti sosial dengan kereta sehat (rail clinic) di Stasiun Sidareja, Kabupaten Cilacap.

Rail Clinic atau kereta sehat ini dibuat sebagai salah satu bentuk dari Program CSR PT. KAI. Rail Clinic dibuat dengan model retrofit atau rel diesel (KRD) yang artinya dapat bergerak tanpa harus digandeng dengan lokomotif. Jadi dapat mempermudah untuk dioperasikan.

Rail Clinic dilengkapi dengan toilet ramah lingkungan, terdiri dari 2 kereta yang masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda. “Pengadaan rail clinic bertujuan agar dapat membantu memberikan pelayanan kesehatan bagi para pegawai dan masyarakat sepanjang jalur kereta api atau di daerah yang sedang terkena musibah atau bencana”, ungkap Manajer Komunikasi PT KAI DAOP 5, Ixfan kepada pers.

Kegiatan PT. KAI DAOP 5 Purwokerto mengadakan bakti sosial pelayanan kesehatan gratis dengan fasilitas kereta sehat (rail clinic), merupakan periode ke-2 setelah sebelumnya pada periode pertama dilaksanakan di Stasiun Slawi, Kabupaten Tegal. Pada periode ke-2 ini kegiatan bhakti sosial dilaksanakan di Stasiun Sidareja.

rail clinic KAI
Gerbong rail clinic

Dalam kegiatan ini KAI mengundang Muspika setempat (Camat, Koramil, Polsek, Puskesmas, dan Dinkes), serta beberapa warga RT/RW sekitar Stasiun Sidareja, yang berjumlah kurang lebih 300 orang.

Fasilitas pelayanan kesehatan yang diberikan di dalam rail clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau tingkat pertama. Rail Clinic sendiri dibagi dalam beberapa bagian, yaitu ruang monitoring dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, dan ruang bersalin.

“Di kereta pertama seluruh tindakan medis mulai dari pelayanan darurat yang meliputi bantuan hidup dasar atau CSR, alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah kecil, rekam jantung hingga penanganan kasus trauma dapat dilakukan disini, dan di kereta kedua sendiri terdapat fasilitas untuk tindakan persalinan, ruang pemeriksaan umum dan ruang edukasi serta ruang farmasi”, lanjut Ixfan.

Selama satu hari ini, masyarakat yang ada di sekitar Stasiun Sidareja dapat menikmati berbagai macam layanan kesehatan ini secara gratis di rail clinic.

Pengoperasian rail clinic ini merupakan salah satu bentuk wujud tanggung jawab sosial dari PT KAI DAOP 5 Purwokerto untuk masyarakat terutama yang tinggal di sepanjang jalur KA.

“Kami harap masyarakat juga turut menjaga kelancaran dan keamanan perjalanan KA sehingga perjalanan KA dari dan ke tujuan terjamin keselamatannya”, pungkas Ixfan. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.