Penerima Adibuana Bhakti Dapat Bantuan 1 Milyar | Penghargaan Adipura Tingkat Kecamatan

Adibuana BhaktiBanyumasNews.com, BANYUMAS – Penghargaan untuk kecamatan yang bersih, sehat dan memiliki komitmen mewujudkan lingkungan hidup yang lestari diberikan oleh Pemkab Banyumas. Penghargaan bernama Adibuana Bhakti itu diberikan kepada 9 Camat di luar Kota Purwokerto.

Penghargaan diberikan Bupati Achmad Husein usai upacara Hari Jadi Kabupaten Banyumas yang ke 446 Rabu (22/2/2017) di lun-alun Purwokerto.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas Joko Wiyono mengatakan, penghargaan Adi Buana Bhakti diberikan kepada Camat yang mempuyai komitmen mewujudkan masyarakat yang sehat, lingkungan hidup yang lestari, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah dan menjadikan sampah menjadi sumber daya.

“Penghargaan ini merupakan penghargaan Adipura untuk tingkat Kecamatan,” katanya.

adibuana bhakti
Penyerahan penghargaan Adibuana Bhakti kepada Camat

Menurutnya gagasan itu muncul dari Bupati, usai menerima Pengargaan Adipura tahun lalu, untuk mendorong kepemimpinan Camat dan membangun partisipasi aktif masyarakat serta dunia usaha dalam mewujudkan kota kota kecamatan yang berkelanjutan, baik secara ekologis, social dan ekonomi.

“Melalui penerapan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup demi terciptanya lingkungan yang baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, sambungnya.

Joko menambahkan untuk mengklasifikasi penilaian, dibagi menjadi tiga kategori, sesuai dengan luas wilayah. Kategori kec kecil, sedang dan besar. Sedangkan titik pantau penilaian meliputi, pemukiman, jalan arteri dan kolektor, pasar, pertokoan, sekolah, rumah sakit dan puskesmas.

Camat memperoleh penghargaan berupa Tropy dan Piagam serta Anggaran Khusus Pengelolaan Lingkungan Hidup melalui mekanisme APBD. Untuk kategori Kecamatan Besar yang meraih penghargaan Kecamatan Sumpiuh, Banyumas dan Ajibarang. “Mereka dipercaya mengelola dana sebesar 150 juta, 130 juta dan 115 juta” kata Jokowi.

Sedangkan untuk Kecamatan kategori sedang, Kecamatan Baturaden adalah Baturraden mendapat dana 130 juta, Jatilawang 115 juta dan Patikraja 100 juta. Dan untuk kategori kecil, kecamatan Somagede memperoleh dana 100 juta, Pekuncen 85 juta dan Karanglewas 75 juta.

“Total penghargaan berupa anggaran khusus pengelolaan lingkungan hidup itu sebesar 1 M,” kata Jokowi. (BNC/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.