PMI Bantu Korban Bencana Tanah Longsor Sirau Purbalingga

Longsor PurbalinggaBanyumasNews.com, PURBALINGGA – Palang Merah Indonesia (PMI) Purbalingga menyalurkan bantuan bagi korban tanah longsor di Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga. Penyerahan bantuan itu dipimpin langsung Ketua PMI Purbalingga Drs Suyitno, Selasa (21/02/2017).

Agar tepat sasaran, bantuan langsung diterimakan kepada korban yang terdampak bencana. Penyerahan bencana disaksikan perangkat desa setempat dan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah).

Bantuan yang diberikan berupa peralatan higienis kit, cangkul, sekop dan uang tunai. Selain itu, relawan Satuan Penanganan Bencana (Satgana) juga siap diterjunkan untuk membantu mengankan korban bencana dan ikut menormalisasi jalur jalan yang tertutup material tanah.

PMI Purbalingga salurkan bantuan untuk korban longsor Sirau

Bantuan diterimakan langsung kepada korban Sugiyanto (45) dan Teguh (39) keduanya warga Dukuh Karangwuni, Desa Sirau. Rumah kedua warga tersebut tersapu tanah longsor hingga tak menyisakan apapun. Bantuan uang tunai masing-masing senilai Rp 500 ribu. “Bantuan ini sekedar untuk ikut meringankan beban korban, semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” harap Suyitno.

Sugiyanto mengungkapkan pihaknya berterima kasih kepada PMI karena bisa langsung memberikan bantuan kepada dirinya. Hal yang sama juga disampaikan Teguh. “Kami menyampaikan terima kasih atas bantuan PMI yang bisa langsung kami terima. Bantuan ini bisa untuk keperluan sehari-hari selama saya belum bisa bekerja,” tutur Sugiyanto.

Sugiyanto menuturkan, akibat musibah bencana tanah longsor, tidak ada harta benda satupun yang bisa diselamatkan. Pakaian sehari-hari hilang dibawa terjangan tanah longsor. Sugiyanto mengaku, pakaian yang dikenakannya hanya satu-satunya yang bisa diselamatkan. Beruntung, bantuan uang tunai dari PMI bisa digunakan untuk sekedar membeli pakaian sehari-hari dan keperluan makan.

Seperti diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor menimpa dua rumah warga dan sebuah kandang ayam di Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol. Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu, namun kerugian ditaksir mencapai lebih dari Rp 400 juta.  Material longsor menimbun rumah Sugiyanto dan Teguh, serta menimbun kandang ayam milik Darsono (45), warga setempat. Longsoran juga menimbun sawah warga. Jalan utama penghubung Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol dan Desa Danasari, Kecamatan Karangjambu juga putus total karena tertutup longsoran tanah. (BNC/yit)

Ket foto :  PMI Purbalingga menyerahkan bantuan kepada korban bencana tanah longsor di Dukuh Karangwuni, Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.