KKN Unsoed Perkuat 16 Posdaya | Tips KKN yang Manfaat

KKN UNSOEDBanyumasNews.com, PURBALINGGA, –Ini salah satu tips agar KKN bermanfaat bagi masyarakat yang dilakukan mahasiswa Unsoed.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto di wilayah Kecamatan Karangreja dan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, berhasil memperkuat 16 kelembagaan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga). Dari jumlah tersebut, satu diantaranya merupakan Posdaya baru. KKN berlangsung mulai tanggal 18 Januari hingga 21 Februari 2017.

Koordinator Mahasiswa KKN Unsoed wilayah Karangreja dan Karangjambu  Muhamad Fariz mengungkapkan, pemantapan posdaya untuk mendukung program-program di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan ekonomi produksi.

“Selain penguatan Posdaya, di dua kecamatan tersebut kami juga menjalankan 49 program keja dengan total anggaran Rp 37 juta,” kata Fariz disela-sela Expo KKN Posdaya yang dipusatkan di Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Senin (20/2/2017).

KKN UNSOEDExpo tersebut sekaligus penarikan 156 mahasiswa KKN periode Januari – Februari 2017. KKN dilaksanakan selama 35 hari mulai dari tanggal 18 Januari 2017.  Para mahasiswa ditempatkan di enam desa wilayah Kecamatan  Karangreja, dan lima desa di Kecamatan Karangjambu.

Sekretaris Bappelitbangda Purbalingga Siswanto, S.Pt, M.Si mengatakan, beberapa hasil karya mahasiswa KKN dapat ditindaklanjuti pembinaannya oleh dinas terkait, seperti pembuatan azzola untuk pakan ikan, kerajinan pakan olahan dari bahan lokal seperti pisang, dan olahan nanas yang melimpah di wilayah Karangreja.

KKN UNSOEDSementara itu Wakil Rektor IV Unsoed Drs Sigit Wibowo, MM mengungkapkan, mahasiswa yang telah melaksanakan KKN diharapkan mampu menjadi bekal setelah kembali ke kampus.

Pengalaman berbaur dengan masyarakat setidaknya menjadi pengalaman tersendiri dan nantinya akan berguna ketika lulus dan kembali terjun ke masyarakat.

“Kami berharap kerjasama yang telah terjalin baik antara Unsoed dengan pemkab dapat terus dijaga dan dilanjutkan. Selain itu, hasil karya KKN Unsoed untuk dapat ditindaklanjuti oleh Pemkab dan masyarakat merasa mendapat pembinaan lanjutan oleh pemkab,” kata Sigit Wibowo. (BNC/Fik/yit)

Ket foto : Expo KKN Unsoed yang dipusatkan di jalan baru Tlahab – Siwarak di Desa Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Senin (20/2/2017).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.