Jalan Rusak Purbalingga Telan Puluhan Korban

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Musim hujan yang terjadi sepanjang tahun menjadi salah satu penyebab jalan raya rusak. Seperti di wilayah Kabupaten Purbalingga, sejumlah ruas mengalami kerusakan, dan telah menelan puluhan korban. Para korban, selain ada yang meninggal dunia, kebanyakan mengalami luka ringan hingga berat.

Wabup Dyah Hayuning Pratiwi, SE, B.Econ biasa disebut Wabup Tiwi, juga mendapat banyak keluhan atas kerusakan jalan itu dari warga masyarakat. Keluhan disampaikan warga kepada Wabup melalui akun facebook pribadinya. Atas banyaknya keluhan itu Wabup Tiwi Rabu (8/2/2017) melakukan peninjauan ke sejumlah ruas jalan yang dikeluhkan rusak.

Handoyo (37), warga Desa Karangkemiri, Kecamatan Kemangkon, mengaku telah menolong puluhan orang yang jatuh akibat jalan rusak disekitar jembatan BCW Desa Karangkemiri. Handoyo kebetulan membuka warung hanya berjarak sekitar 25 meter dari lokasi jembatan BCW.

“Sudah puluhan kali saya menolong pengendara sepeda motor yang jatuh di sekitar jembatan. Dari puluhan orang itu, ada satu yang meninggal dunia setelah dibawa ke rumah sakit,” tuturnya kepada Wabup Tiwi.

Wabup Tiwi tinjau jembatan Kalipulus Karangkemiri yang amblas

Handoyo mengungkapkan, jalan yang rusak berada tidak jauh dari SMPN 1 Kemangkon. Lokasi jalan yang rusak itu hanya sekitar dua meter di dekat jembatan. Sementara lokasi jalan yang menikung membuat para pengendara lengah dan rata-rata mengerem mendadak.

“Ada satu korban yang jatuh sampai beberapa meter pada malam hari. Saat itu hampir tidak ada mobil lewat. Pas ada mobil pikup lewat yang mengangkut bekas sapi dan penuh kotoran, mau tidak mau saya paksa untuk membawa korban ke Rumah Sakit Emanuel Klampok. Korban pun harus terkena kotoran sapi dengan bau tidak sedap,” tutur Handoyo.

Kepala Desa Karangkemiri Yoganingrum membenarkan hal yang sama. Menurutnya jalan yang rusak itu sudah hampir satu bulan. “Korban berjatuhan sudah banyak, mohon Pemkab segera turun tangan memperbaikinya,” pinta Yoganingrum.

Wabup yang langsung menerima keluhan dari warga dan Kades Karangkemiri, langsung memerintahkan pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk segera menambal. “Tolong ya mas, untuk segera ditambal. Kasihan warga yang sudah banyak jadi korban. Mana di sekitar jembatan itu gelap gulita, lampu penerangan juga mati,” pinta wabup Kepada Kasi Jalan dan Jembatan DPUPR Gunawan Wibisono yang mengikuti kunjungan itu.

Pantauan Wabup Tiwi yang didampingi Asisten Pembangunan Sigit Subroto MT juga menjumpai jalan rusak di wilayah Beji, Kecamatan Bojongsari, ruas jalan Mewek – Kalimanah, ruas jalan Karangpule – Kalisari, ruas jalan Karangklesem – Karanggambas, ruas jalan Grecol – Mewek, ruas jalan lingkar Barat, dan sejumlah ruas jalan lain.

Selain meninjau jalan rusak, sebuah jembatan di Kalipulus di ruas jalan Purbayasa – Karangklesem tepatnya berada di Desa Karagambas, Kecamatan Padamara, mengalami amblas 20 centimeter. Wabup meminta DPUPR untuk menutup jembatan itu dari kendaraan besar dan truk. Jembatan itu saat ini hanya difungsikan separo dengan cara bergantian.

“Jembatan Kalipulus sudah kami koordinasikan dengan Bappelitbangda. Tahun ini belum masuk anggaran, mudah-mudahan Bappeda bisa memprioritaskannya karena jembatan Kalipulus juga menjadi jalur alternatif wisata dari Taman Purbasari Pancuranmas ke Sanggaluri Park dan Owabong,” kata Gunawan Wibisono. (BNC/yit)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.