Biografi KH Ma’ruf Amin yang Disembunyikan

KH MA'RUF AMINKH Ma’ruf Amin yang tengah menjadi trending topic terkait sikap Ahok dan tim pengacaranya yang dianggap tidak menghormati ulama, ternyata memiliki nasab keturunan dari tokoh-tokoh besar di Indonesia maupun Tanah Arab. Biografi ini jarang diungkapkan, bahkan terkesan disembunyikan. Mungkin beliau sendiri tidak ingin menonjolkan nasabnya itu, sebagai bentuk otonomi pribadi, yang tidak dikaitkan dengan para tokoh besar jaman dulu.

Beliau lahir di Tangerang, Banten, pada 11 Maret 1943, atau berusia 74 tahun 11 Maret 2017 ini. Dikenal sebagai seorang ulama dan politisi. Jabatan tinggi di pemerintahan sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden di era Presiden SBY.

Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang Jawa Timur, menjadi tempat menuntut ilmu, kemudian kuliah di Universitas Ibnu Chaldun, Jakarta.

KH Ma’ruf Amin

Siapa KH. MA’RUF AMIN sebenarnya, inilah rahasia yang ditutupi. Dari berbagai sumber diperoleh informasi yang benar-benar di luar dugaan banyak orang.

Subhanallah.. Ternyata KH. Ma’ruf Amin adalah cicit dari Syeikh Nawawi Albantani, mahagurunya ulama-ulama besar tanah air, ulama masyhur dunia yang fatwanya mnjadi rujukan muslim sedunia hingga hari ini. Kitab-kitab karangannya dipakai pesantren dari Timur Tengah, Afrika hingga Nusantra, dan satu-satunya ulama Nusantara yang pernah menjadi Imam Besar Masjidil Haram

Syeikh Nawawi ulama yang telah mengharumkan bangsa dalam khasanah Islam dunia. Beliau termasuk dalam kategori salah satu ulama besar di abad ke 14 H./19 M. Karena kemasyhurannya beliau Syeikh Nawawi bahkan mendapat gelar: Imam Nawawi Tsani, Sayyid Ulama Al-Hijaz, Al-Imam Al-Muhaqqiq wal Fahhamah Am-Mudaqqiq, A’yan Ulama Al-Qarn Al-Ram Asyar lil Hijrah, Imam Ulama’ Al-Haramain.

Murid Syeikh Nawawi banyak yang menjadi ulama kenamaan dan tokoh-tokoh nasional Islam Indonesia, diantaranya adalah: Syekh Kholil Bangkalan, Madura, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Asy’ari dari Bawean, KH. Tubagus Muhammad Asnawi dari Caringin Labuan, Pandeglang Banten, KH. Tubagus Bakri dari Sempur-Purwakarta, KH. Abdul Karim dari Banten.

Maka berarti KH Ma’ruf Amin adalah keturunan yang ke 15 dari kesultanan Maulana Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati, Cirebon), keturunan dari Putra Maulana Hasanuddin (Sultan Banten I) yang bernama Tajul ‘Arsy, dan nasabnya bersambung ke Imam Ja’far Assidiq-Imam Muhammad AlBaqir-Imam Ali Zainal Abidin-Sayyidina Husain-Sayyidah Fatimah Al-Zahra Bintu Rosulullah SAW. Subhanallah!! ( BNC/*)

 

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.