Puting Beliung Berpotensi Terjadi Sebulan ke Depan | Masyarakat Diminta Waspada

 

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Puting beliung berpotensi terjadi di wilayah Banyumas dalam waktu aebulan ke depan, karena itu masyarakat diminta waspada. Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Prasetyo Budi Widodo, meminta masyarakat untuk tetap mewaspadai bencana akibat angin puting beliung itu Selasa (31/01/2017).

puting beliung“Berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan terjadi Januari hingga Februari mendatang. Angin puting beliung biasanya mengikuti siklus musim hujan. Jadi selama musim hujan ini kami minta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata Prasetyo di ruang kerjanya.

Prasetyo menambahkan angin puting beliung muncul karena dampak dari perubahan suhu yang ekstrem, dari panas tiba-tiba dingin.

“Angin puting beliung berpotensi terjadi di seluruh wilayah Banyumas. Pasalnya kedatangan angin puting beliung tidak dapat diprediksi. Pihaknya tidak dapat memetakan wilayah yang rawan angin puting beliung, yang disertai hujan,” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, beberapa wilayah yang kerap dilanda angin puting beliung, antara lain Kecamatan Sumbang, Baturraden, Cilongok, Ajibarang, Pekuncen dan Lumbir.

“Namun kejadian kemarin di Kelurahan Karanglewas Lor, wilayah di situ belum pernah ada catatan perisitwa angin puting beliung, ternyata juga terkena untuk itu semua warga harus selalu waspada,” ujarnya.

Seperti diketahui, hujan lebat disertai angin kencang, Minggu (29/01/2017) sore, menyebabkan puluhan rumah dan toko di Kelurahan Karanglewas Lor, Purwokerto Barat, rusak. Sebuah baliho raksasa di Jalan Raya Karanglewas juga roboh menutup separuh badan jalan. Berdasarkan data BPBD, sedikitnya terdapat 71 bangunan yang rusak terkena angin puting beliung.

Sebagian besar masuk kategori kerusakan ringan karena hanya bagian atapnya yang rusak, sedangkan sebagian lainnya rusak ringan. ”Kerusakan didominasi pada bagian atap yang terbawa angin. Kami hari ini (kemarin) mengirimkan bantuan bahan bangunan berupa 299 lembar seng untuk 31 rumah warga di Kelurahan Karanglewas Lor,” tambahnya. (BNC/pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.