Cagar Budaya Situs Petilasan Mbah Sapu Angin Hancur Tertimpa Pohon

situs sapu anginBanyumasNews.com, LUMBIR – Situs cagar budaya Pemkab Banyumas Rumah Persinggahan yang merpakan bagian dari Petilasan Mbah Sapu Angin Desa Cidora, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, tertimpa pohon pada Senin (30/01/2017) sehingga rumah persinggahan itu rusak parah.

Bangunan berukuran 3m X 6m itu dibangun pada tahun 1975 dan sudah masuk di situs Cagar Budaya Pemkab Banyumas oleh Dinas Pariwisata.

Adanya bencana angin kencang menyebabkan pohon dengan lilitan (diameter) 1.5 meter roboh dan menghancurkan rumah persinggahan itu.

Arifin dari Tagana Banyumas mengatakan, tindakan yang telah dilakukan berupa pengecekan oleh Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan Tagana Kabupaten Banyumas, yang mengecek langsung ke lokasi. Sementara karya bakti masyarakat direncanakan dilakukan pada hari Minggu, 5 Februari 2017.

Ditambahkan oleh Arifin, kerugian material berkisar 10 juta rupiah.

Sementara itu untuk membersihkan pohon yang roboh kurang lebih memerlukan 3 hari kerja dan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Juru kunci petilasan Kaswan berharap dengan kejadian ada tindak lanjut dari dinas terkait untuk perbaikan. “Karena bangunan tersebut sangat penting dan banyak tokoh-tokoh baik di Kabupaten Banyumas maupun dari luar Banyumas yang berkunjung ke tempat tersebut”, kata Kaswan seperti dikutip Arifin. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.