Kali Pucung dan Kali Putih Meluap, Puluhan Rumah Terendam | Berita Banjir Purwokerto

 

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Hujan deras disertai puting beliung yang terjadi di Purwokerto dan sekitarnya Ahad (29/01/2017) siang selain merobohkan papan reklame (baliho) di Karanglewas, juga mengakibatkan rumah roboh tertimpa pohon tumbang di Karangsalam. Seorang warga, Rusiwen (51), dilaporkan terluka terkena tembok rumah yang roboh.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas Prasetyo Budi Widodo, mengatakan angin puting beliung yang disertai hujan lebat melanda Kecamatan Karanglewas dan Kedungbanteng. Papan reklame berukuran besar di dekat pasar Karanglewas roboh, beruntung tidak menimpa kendaraan.

BPBD bersama Dinas Perhubungan dan Polsek Karanglewas mengevakuasi papan reklame yang roboh tersebut, agar tidak mengganggu arus lalu lintas di jalan utama Ajibarang menuju kota Purwokerto itu. Selain robohnya papan reklame, angin puting beliung juga memorakporandakan atap Balai Desa Karanglewas Kidul serta rumah-rumah warga.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Purwokerto Ahad kemarin juga mengakibatkan beberapa ruas jalan tergenang air. Hal ini menurut Prasetyo disebabkan meluapnya Kali Pucung di Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat. Puluhan rumah sempat tergenang banjir karena luapan Kali Pucung.

Relawan Tagana menyingkirkan pohon tumbang di Kedungbanteng

Di Kelurahan Purwokerto Wetan, Kecamatan Purwokerto Timur, juga terdapat 6 rumah yang terendam banjir akibat luapan Kali Putih. “Satu rumah warga di Kelurahan Purwokerto Wetan dindingnya dilaporkan jebol akibat luapan Kali Putih,” katanya.

BPBD Banyumas masih mendata jumlah rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung maupun rumah yang terendam banjir. (BNC/ist/ant)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.