Paguyuban Perantau Purbalingga Promosikan Potensi Daerah

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Paguyuban Perantau Purbalingga (Papeling) terus menguatkan komitmen untuk menjadi paguyuban  yang bisa memberi manfaat positif bagi orang lain dan tanah kelahirannya, yakni kabupaten Purbalingga.

Hal itu dibuktikan dengan gelaran Pesta Rakyat Perantau Purbalingga yang menghadirkan berbagai potensi unggulan Purbalingga, potensi industri knalpot, rambut palsu, kuliner sroto Klamud dan berbagai hasil inovasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Purbalingga. Acara itu diadakan di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), menghadirkan Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM bersama sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

“Kami menggandeng salah satu televisi nasional untuk mempromosikan produk Purbalingga. Ini bagian dari Papeling Bangga Purbalingga dan perwujudan dari program Papeling dalam mengangkat potensi unggulan Purbalingga,” kata Ketua Umum Papeling, Wahyu Triono di sela-sela acara, Sabtu (28/01/2017).

Paguyuban Perantau Purbalingga Promosikan Potensi Daerah di Jakarta

Dikatakan Triono, sejak tahun lalu paguyuban yang dia pimpin sudah mulai membantu mempromosikan potensi pariwisata di Purbalingga dalam produk kalender Papeling. Tahun ini, lanjut Triono melalui produk kreasi kalender juga mengangkat berbagai produk inovasi Purbalingga.

“Kegiatan ini merupakan follow up atau tindak lanjut dari promosi melalui kalender. Kami mencoba menggunakan media televisi untuk mendongkrak produk-produk dari kabupaten Purbalingga,” jelasnya.

Sejumlah produk yang ditampilkan, ujar Triono, merupakan produk asli Purbalingga seperti Sroto Klamud, perpaduan cita rasa khas sroto dengan cita rasa kelapa muda yang kini menjadi inovasi kuliner baru di Purbalingga. Disamping itu juga ditampilkan produk knalpot  dan idep atau bulu mata palsu dan rambut palsu yang mampu menjadi cirri khas kabupaten Purbalingga.

Dari sederet produk UMKM yang dibawa oleh Paguyuban UMKM Purbalingga, diantaranya tampil batik khas Purbalingga, sambal knalpot, keranjang plastik dan lainnya. Juga kolaborasi kesenian Tek Tek Pandawa dengan Barongsai. (BNC/Hardiyanto)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.