SMAN Banyumas dan SMPN 1 Pekuncen Gudep Tergiat Kwarcab Banyumas

 

BanyumasNews.com, BANYUMAS – SMA Negeri Banyumas meraih prestasi sebagai Juara I Lomba Gugus Depan (Gudep) Tergiat untuk sekolah lanjutan atas, pada Lomba Gudep Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas. Sedangkan tergiat untuk tingkat SLTP diraih oleh SMP N 1 Pekuncen dan tingkat sekolah dasar diraih oleh SDN 1 Sambirata Kecamatan Wangon.

Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Ketua Kwarcab dan Mabicab, pada pembukaan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Kamis (26/01/2017) di Graha Satria Purwokerto.

Penyerahan piala Gudep Tergiat

Ketua Kwarcab Drs Achmad Supartono mengatakan kegiatan lomba gugus depan merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan memotret seberapa jauh keaktifan dan pengadministrasian kegiatan di masing-masing gudep.

“Sebenarnya kinerja kwarcab dan kwarran tidak lepas dari kegiatan yang ada di gugus depan. Semakin aktif gugus depan, akan mendukung unsur di atasnya, yaitu kwarran dan kwarcab,” katanya.

Penghargaan Gudep Tergiat

Untuk dapat melihat apakah gugus depan sehat atau tidak perlu diadakan evaluasi baik untuk kegiatannya maupun administrasinya. “Bisa jadi Gugus Depan mempunyai banyak kegiatan, tetapi tidak teadministrasi dengan baik. Maka melalui lomba, semua akan bergerak berkegiatan sekaligus menyelesaikan admnistrasinya, dan mendukung kegiatan di tingkat kwarcab Banyumas,” tambah Partono

Pembina dari Pangkalan SMA N Banyumas, Sugiman mengaku penghargaan yang diterima hasil kerja keras dari Mabigus, Ka Gudep dan Dewan Ambalan Rama Sinta.

Sedangkan Ketua Kwaran Cilongok yang jugavKetua Majelis Pembimbing Gugus Despan (Mabigus) SD N 1 Sambirata Untung Sanyoto mengaku bangga dengan penghargaan yang diterima.

“Penghargaan ini melengkapi lomba- lomba sebelumnya,” katanya.

Hasil lengkap lomba Gudep adalah sebagai berikut. Tingkat SLTA tergiat I SMAN 1 Banyumas disusul SMAN 1 Sumpiuh Tergiat II dan Tergiat III diraih oleh SMAN 1 Ajibarang. Sedangkan untuk tingkat SLTP Tergiat I diraih oleh SMP N 1 Pekuncen, tergiat II SMP N 1 Sokaraja dan Tergiat III SMP N 1 Ajibarang.

Untuk tingkat Sekolah Dasar, SD Negeri 1 Sambirata, Jawara 2 ISC tahun 2016, pangkalannya meraih Tergiat I diikuti MIN Watuagung, Kecamatan Tambak, menjadi Tergiat II dan Tergiat III diraih oleh SD N 1 Kedungbanteng. (BNC/Para)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.