Satgas Pemberantasan Pungli Purbalingga Terbentuk |

 

BanyumasNews.com, PURBALINGGA – Satuan tugas pemberantasan pungutan luar alias pungli terbentuk di Purbalingga. Pembentukan satgas sebagai wujud nyata terhadap pemberantasan pungutan liar oleh pemerintah kabupaten (Pemkab), dengan nama unit satuan tugas pemberantasan pungutan liar (USTPPL).

Unit satuan tersebut ditetapkan dengan keputusan Bupati Nomor 712/43 tahun 2017. USTPPL tersebut mempunyai fungsi intelijen, pencegahan, penindakan dan yustisi.

Bupati Purbalingga, Tasdi SH mengatakan USTPPL mempunyai tugas dan wewenang melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efesian. Yakni dengan mengoptimalkan pemanfaat personil, sarana dan prasarana serta satuan kerja yang berada di Kabupaten Purbalingga. Ke depan USTPPL lebih mengutamakan upaya pencegahan dari pada penindakan.

“Yakni memberikan edukasi kepada aparatur pemerintah untuk memahami apa itu pungli, bentuknya dan resikonya,” kata Tasdi saat pembentukan USTPPL di Pendopo Dipokusumo, Jum’at (27/01/2017).

Bupati dan wakil Bupati hadir dalam pembentukan saber pungli

Upaya prefentif ini melalui sosialisasi kepada msyarakat untuk membiasakan tertib dan sabar dalam menerima pelayanan publik dan menolak pungli dalam bentuk apapun. Kemudian mendidik aparatur pemerintah untuk tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun dalam melakukan pelayanannya. Bupati berharap kepemertintahan yang baik dan pemerintah yang bersih dapat terwujud kedepannya.

“Pungli tidak dipandang dari besar-kecilnya pungutan, namun komitmen bersama untuk stop pungli di segala bentuk pelayanan publik, karena sekecil apapun pungli akan berhadapan dengan USTPPL,” tegas Tasdi.

Seteleh terbentuk USTPPL diharapkan untuk segera cepat tanggap memberikan respon dengan standar prosedur pengaduan yang berlaku terhadap aduan masyarakat terkait pungli. Namun demikian aduan tersebut juga harus di koordinasikan dengan aparatur pengawas internal pemerintan (APIP) agar pengawasan sesuai dengan kewenangannya.

“Dengan dikukuhkannya USTPPL diharapkan dapat segera melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan wewenang dan tanggungn jawab yang diberikan,” pungkas Tasdi (BNC/Sap’S).

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.