Warga Tonjong Gelar Demo Teatrikal ‘Kebo Gupak’, Protes Rusaknya Jalan Nasional

BanyumasNews.com, TONJONG – Kerusakan parah jalan nasional di ruas Linggapura-Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengundang keprihatinan warga Tonjong. Mereka jengah melihat kemacetan tiap hari, juga kecelakaan yang kerap terjadi.

Demo berupa aksi teatrikal pun digelar, melibatkan puluhan warga berasal dari sejumlah komunitas di Kecamatan Tonjong, pada Jum’at (20/01/2017) siang. Mereka menuntut adanya perbaikan jalan nasional yang menghubungkan Tegal-Purwokerto itu.

Di facebook, foto-foto teatrikal mereja menjadi viral. Para netizen dengan rela menggerakkan jari jemari mereka untuk men-share foto-foto itu, sebagai bentuk simpati dan keprihatinan pada kondisi jalan yang karena parahnya bisa untuk mandi lumpur. “Bisa untuk gupak (mandi lumlur) kerbau”, kata netizen.

Aksi  warga dan sejumlah komunitas ini memang berlangsung menarik. Aksi Teatrikal Komunitas Sokandana yang mandi lumpur bak ‘kebo gupak’ di jalan raya memerankan kerbau, diiringi tukang angon (penggembala) dengan cambuk di tangannya, adalah kritik atas kondisi jalan nasional itu. “Ini jalan aspal apa dalan kebo”, ujar Amin berkomentar.

Masyarakat yang melihat dan melintas di ruas jalan itu spontan langsung mengabadikan aksi teatrikal warga Tonjong itu lewat ponsel mereka. Dan foto-foto aksi ini pun viral di medsos.

Dikutip dari Brebesnews, koordinator aksi Elvin Kristian mengatakan, aksi teatrikal yang ditampilkan oleh komunitas kesenian Sokandana Tonjong itu menggambarkan sekumpulan kerbau yang berkubangan lumpur di sawah.

“Karena begitulah kondisi jalan nasional saat ini, penuh lubang dan berlumpur, khususnya di daerah Tonjong,” ujar Elvin.

Aksi warga Tonjong yang berlangsung sejak pukul 14.00 hingga 16.00 WIB itu sayangnya tidak ditemui oleh satupun pejabat dari dinas terkait.

Dengan tertib akhirnya massa yang berasal dari Tonjong Ijo Royo royo, Pemancing Tonjong, Komunitas Digul, Komunitas Sokandana Tonjong, Group Calung Tonjong dan puluhan warga itu membubarkan diri. ( BNC/IST)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.