Ribuan Ummat Islam Purwokerto Gelar Aksi Bela Islam III, Kapolres dan Dandim Ikut Long March

massa-aksi-bela-islam-purwokertoBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Berita Banyumas hari ini, ribuan ummat Islam Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar Aksi Bela Islam III yang dipusatkan di alun-alun Purwokerto, Jumat (2/12/2016). Aksi Bela Islam III dilaksanakan usai Sholat Jum’at yang dilaksanakan di Masjid Agung Baitussalam, yang terletak di sebelah barat alun-alun kota Purwokerto.

Aksi 212 ini diikuti sekitar empat ribu peserta yang berasal dari berbagai ormas Islam yang ada di Purwokerto. Koordinator aksi, Hidayat, mengatakan massa tersebut berasal dari organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi mahasiswa, santri dari pesantren-pesantren sekitar Purwokerto dan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) Banyumas.

“Dari data yang terakhir kami terima, jumlah yang mengikuti aksi ini sebanyak empat ribu orang,” kata Hidayat, Jum’at (2/12/2016).

Bupati Banyumas Achmad Husein dan Kapolres Banyumas di acara Aksi Bela Islam III alun-alun Purwokerto
Bupati Banyumas Achmad Husein dan Kapolres Banyumas di acara Aksi Bela Islam III alun-alun Purwokerto -twitter Polres Bms

Menurutnya aksi kali ini dikemas lebih santai dibanding aksi 4 November 2016 silam. Agenda aksi diisi dengan pembacaan Alquran, pembacaan puisi, serta orasi dari perwakilan-perwakilan tokoh yang diundang, serta Kepala Kepolisian Resor (Polres) Banyumas serta Komandan Distrik Militer (Dandim) 0701/Banyumas. Tampak hadir pula Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dalam doa bersama.

Tujuan acara sekalipun dikemas lebih santai, namun dengan harapan mencapai satu tujuan bersama, yaitu untuk mengawal kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hingga tuntas. Massa meminta agar AhokĀ diadili melalui proses hukum yang berlaku dengan seadil-adilnya.

“Agenda ini akan terus dilakukan jika tidak selesai”, jelas Hidayat.

Usai melakukan orasi dan pembacaan doa, agenda dilanjutkan sholat Ashar berjamaah dan dilanjutkan parade keliling jalan protokol di Purwokerto dengan berjalan kaki (long march), dari Masjid Baitussalam Purwokerto menuju Masjid Sudirman di Jl Gatot Subroto melalui jalan Jenderal Sudirman. Di sepanjang jalan peserta menyanyikan mars bela Islam, bertakbir, membaca shalawat. Spanduk dan poster yang dibawa menuntut Ahok dipenjara. “Tangkap Ahok”, demikian bunyi poster.

Kapolres Banyumas ikut long march Aksi Bela Islam III Purwokerto - twitter Polres Bms
Kapolres Banyumas ikut long march Aksi Bela Islam III Purwokerto – twitter Polres Bms

Tampak massa aksi diikuti oleh berbagai kalangan dari pelajar hingga orang dewasa. Ormas seperti Ikadi, IMM, KOKAM, tampak ikut dalam barisan. Menurut Hidayat, aksi massa di Purwokerto ini mayoritas berasal dari warga Muhammadiyah Purwokerto, Al Irsyad Purwokerto, IIBF Purwokerto serta beberapa elemen lainnya.

Kapolres Banyumas dan Dandim Banyumas ikut mengawal aksi damai ini dengan ikut jalan kaki dari alun-alun, bersama rtusan anggota Polres Banyumas yang menjaga keamanan. (BNC/ist).

Massa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Purwokerto
Massa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Purwokerto

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.