Banyumas ‘Panen’ Bencana Banjir dan Longsor

Banjir di perumahan Diamond Kalibagor
Banjir di perumahan Diamond Kalibagor

BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Berita Banyumas hari ini, hujan yang terjadi sepanjang hari di Kabupaten Banyumas pada Jum’at, 25 November 2016, mengakibatkan bencana longsor dan banjir di sejumlah desa. Dari laporan yang dihimpun POSKO TAGANA Kabupaten Banyumas, berikut adalah kejadian bencana yang sampai berita ini diturunkan masih terus direspon.

Jalan ambles terjadi pada pukul 13.30 Wib di jalan Desa Pageraji RT 03 /06 Kecamatan Cilongok. Jalan ambles dengan panjang 100 meter dan kemiringan 30 cm sehingga mengakibatkan jalan desa tersebut untuk sementara ditutup.

Jalan ambles di Desa Pageraji yang menghubungkan Desa Pejogol dengan Desa Pageraji dikarenakan hujan deras yang mengguyur wilayah Cilongok. Dengan kejadian tersebut untuk sementara jalan ditutup sambil menunggu perbaikan.

Menurut Tagana warga masyarakat setempat yang tinggal disekitar jalan tersebut merasa takut dan cemas apabila jalan tersebut tidak segera ditindaklanjuti karena tidak menutup kemungkinan apabila terjadi hujan deras akan terjadi longsor yang mengancam rumah disekitar jalan tersebut.

Tidak ada korban jiwa, namun kerugian material ditaksir 75 juta rupiah. Untuk sementara akses jalan tidak bisa dilewati baik kendaraan roda 4 maupun roda 2, yang menghubungkan desa Pejogol dengan desa Pageraji Cilongok.

longsor di Cilongok
longsor di Cilongok

Masih di Cilongok, pada pukul 16.15 Wib di Desa Sambirata RT 07 / 03 telah terjadi tanah longsor yang mengakibatkan rumah milik Supriadi ( 47 thn ), pekerjaan buruh tani terancam longsor. Kejadian tanah longsor yang mengakibatkan terancamnya rumah milik Supriadi dikarenakan hujan deras yang turun sepanjang hari yang mengakibatkan talud/pondasi rumah milik Supriadi longsor.

Longsor dengan panjang lk 8 meter dan tinggi lk 6 meter dan untuk posisi bangunan kamar mandi sudah menggantung sehingga apabila terjadi hujan deras rumah milik Supriadi terancam longsoran. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk sementara Supriadi sekeluarga mengungsi ke rumah saudaranya dan untuk barang-barang yang berharga untuk sementara dievakuasi dititipkan kerumah tetangga.

Kerugian materiil ditaksir 50 Juta rupiah ( Talud/pondasi rumah longsor total ).

Ajibarang

Sementara itu pada pukul 15.30 Wib di Grumbul Depok Desa Sawangan RT 05 / 04 Kecamatan Ajibarang telah terjadi tanah longsor yang mengakibatkan rumah milik Muhammad Soleh (40 thn), pekerjaan swasta rusak tertimbun longsoran.

tebing longsor di Banyumas
tebing longsor di Banyumas

Kejadian tebing longsor yang mengakibatkan tertimbunnya rumah Muhammad Soleh bagian belakang dikarenakan hujan deras yang mengguyur wilayah Ajibarang. Longsornya tebing dikarenakan hujan yang sangat deras sehingga volume air bertambah banyak dan menyebabkan tebing di belakang rumah longsor. Adapun tanah tebing yang longsor adalah tanah milik warga dengan ketinggian tebing sekitar 6 meter dan lebar sekira 10 meter.

Untuk kerugian materil ditaksir 30 Juta ( Bangunan tembok dapur dan kamar jebol sepanjang 6 meter ). Untuk sementara Muhammad Soleh sekeluarga mengungsi ke rumah saudaranya guna menghindari hal yang tidak diinginkan mengingat curah hujan yang masih tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan akan adanya longsor susulan.

Di wilayah lain, pada pukul 19.25 Wib di Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor telah terjadi banjir yang mengakibatkan 85 rumah di Perum Diamond Desa Kalibagor tergenang banjir.

Kejadian banjir mengakibatkan 85 rumah di Perum Diamond tergenang banjir, yang berasal dari luapan Sungai Bener. Warga perumahan tetep bertahan di rumah masing-masing.

Masjid An Nur Ds. Kalibagor yang terletak di sebelah perum Diamond dan MTS Baitul Muslim juga ikut tergenang air/ banjir.

Patikraja

Pada pukul 19.00 WIB di Desa Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja telah terjadi banjir yang melanda wilayah tersebut. Hujan deras membuat Sungai Tenggulun meluap.

Data yang diperoleh 28 rumah terendam banjir di wilayah RT 01 RW 03 (5 rumah), RT 02 RW 04 (12 rumah), RT 02 RW 02 (11 rumah).

Luapan Sungai Tenggulun juga merendam 6 rumah di Ds. Karangendep Kec. Patikraja.

Kerugian berupa korban jiwa nihil. Sedangkan kerugian material masih dalam perhitungan.

Warga desa Sawangan terpaksa mengungsi menempati SD Negeri 2 Sawangan. Sedangkan warga Ds. Karangendep mengungsi di rumah saudaranya.

Di Pekuncen, pada ukul 19.00 wib telah terjadi tanah longsor yang menghubungkan jalan desa Candinegara menuju Desa Pasiramankidul dan Tumiyang. Hujan deras yang mengguyur wilayah Pekuncen pada hari Jum’at siang mengakibatkan tanah longsor yang menghubunggkan jalan desa itu, tepatnya di grumbul Munggang Rt 2/6. Panjang longsor kl 6 meter lebar 5 meter tinggi 4 meter. Saat ini jalan tidak bisa dilalui kendaraan an roda empat ataupun roda dua.

Tim Respon bencana dilakukan oleh KORAMIL dan POLSEK setempat, BPBD, TAGANA, RAPI, PRAMUKA PEDULI KWARCAB BANYUMAS dan PMI Kab. Banyumas. (BNC/ist/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.