Hujan Deras Akibatkan Longsor di Berbagai Wilayah Banyumas

img-20161113-wa0026BanyumasNews.com, PURWOKERTO – Berita Banyumas hari ini, beberapa desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Banyumas terdampak bencana longsor akibat hujan deras yang terjadi di pada Sabtu malam (12/11/2016).

Ketua TAGANA Banyumas Adi Candra mengatakan dari laporan yang masuk ke Piket Siaga Bencana TAGANA Kabupaten Banyumas, longsor   diantaranya terjadi di kecamatan Lumbir, Purwojati, Cilongok, Kedungbanteng, dan Patikraja.

Di Lumbir, akibat tanah bergerak  mengancam rumah warga Grumbul Cikopeng, Desa Kedunggede. “Tercatat 4 (empat) rumah mengalami kerusakan sedang dan berat, bahkan sudah tidak layak huni”, tutur Adi.

Satu diantaranya rumah milik Juli Subekti hari Minggu ini (13/11/2016) telah dibongkar oleh warga dan relawan dari Pramuka Peduli KWARRAN Lumbir, TAGANA, SENKOM MITRA POLRI, KORAMIL Lumbir, untuk diperbaiki agar tidak terjadi kerusakan yg lebih parah.

Sementara itu di Desa Karangmangu, Grumbul Sangrahan, Kadus III RT 02 RW 06, Purwojati,  telah terjadi tanah longsor sekitar pukull 01.20 WIB. “Tebing setinggi 5 m longsor, menimpa warung ukuran 6×8 m yang terkadang untuk tidur pada malam hari milik Rasam”, kata Adi.

Dinding warung milik Rasam rusak dan ayam yang ada di warung tertimbun tanah. Kerugian ditaksir lebih kurang 1,5 juta rupiah.

Muspika Purwojati, perangkat Desa beserta warga bergotong royong memindahkan longsoran tebing dengan menggunakan mobil dan gerobak pada Minggu pagi (13/11/2016).

Jembatan amblas

Di Cilongok terjadi jembatan amblas, tepatnya di RT 05 RW 01 dan RT 06 RW 01 desa Gununglurah,  Kecamatan Cilongok. Jembatan tersebut amblas sepanjang 2 m, lebar 3 m, kedalaman 60 cm.

“Jembatan itu menghubungkan antar RT dalam satu RW serta merupakan jembatan desa. Kerugian ditaksir lebih kurang 3 juta rupiah”, terang Adi.

Jembatan amblas Di Banyumas
Jembatan amblas Di Banyumas

Anggota Koramil Cilongok serta masyarakat melaksanakan pembuatan jembatan darurat dari bambu.

Sementara itu, talud longsor terjadi di RT 02 RW 03 Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng. Ukuran tinggi 4 m, panjang 8 meter hingga mengenai badan jalan yang mengakibatkan jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda 4.

Longsor terjadi pada hari Sabtu (12/11/2016) pukul 21.00 WIB dan pagi harinya (13/11/2016) dilaksanakan pembersihan material longsor oleh TAGANA, KORAMIL Kedungbanteng dan warga masyarakat sekitar.

“Pada pukul 11.30 WIB jalan sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda empat”, lanjutnya.

Di Patikraja, terjadi jalan amblas di RT 03 RW 06 Grumbul Semanding, Desa Sawangan, pada hari Minggu (13/11/2016) pukul 05.00. “Jalan amblas sepanjang 20 m, lebar 2,5 m, kedalaman 60 cm, sisa jalan yg bisa dilalui 50 cm”, Adi.

Jalan itu merupakan jalan Kabupaten yang menghubungan jalur alternatif Patikraja ke Cilongok. Kerugian ditaksir lebih kurang 50 juta rupiah.

Anggota Koramil Patikraja, Polsek Patikraja dan masyarakat membersihkan material. Sedangkan penanganan lanjut akan dilaksanakan perbaikan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas. (BNC/NAN)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.