Longsor di Darmakradenan Ajibarang, 3 Rumah Warga Roboh dan Retak

longsor-darmakradenanBanyumasNews.com, AJIBARANG – Berita Banyumas hari ini, tiga rumah warga grumbul Pegawulan, Desa Darmakradenan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah terkena dampak longsor yang terjadi pada Sabtu, 22 Oktober 2016, sekitar pukul 16.00  wib.  Bagian belakang rumah milik Kasroh (51 thn), pekerjaan sopir, dan Kuseri (60 thn), pekerjaan petani, mengalami roboh pada bagian dapur karena terkena longsor. Selain itu rumah mereka juga mengalami retak-retak pada bagian dinding rumah. Longsor juga mengancam rumah milik Darsikin (38 thn), pekerja buruh harian lepas.

Longsor di Darmakradenan diakibatkan karena hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan  Ajibarang sekitar pukul 16.00 wib hingga 19.00 wib. Tanah longsor terjadi sekitar pukul 18.00 wib, pertama kali diketahui oleh Jamilah, warga setempat, ketika akan melaksanakan sholat maghrib melihat langsung gerakan tanah dan melihat bagian belakang rumah milik Kuseri ambruk.

Berdasarkan pengamatan aparat desa setempat, posisi tanah yang longsor panjang 20 m, tinggi 10 m, dengan kemiringan 45 derajat, sehingga rawan sekali longsor apabila terjadi hujan kembali.

Bagian belakang rumah Kasroh warga Darmakradenan roboh akibat longsor Sabtu, 22 Oktober 2016
Bagian belakang rumah Kasroh warga Darmakradenan roboh akibat longsor Sabtu, 22 Oktober 2016

Longsor tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa, namun menimbulkan kerugian materiil sekitar 20 juta rupiah dan terancamnya ruma milik Kasroh, Kuseri dan Darsikin.

Dari informasi yang dihimpun, ketiga warga sementara masih tinggal dirumah, namun dihimbau untuk lebih waspada terkait curah hujan yang masih tinggi serta kondisi tanah yang labil dan pada posisi miring sehingga rawan sekali terjadi longsor susulan.

Aparat Desa Darmakradenan langsung mendatangi lokasi kejadian/ untuk melaksanakan pengecekan dan pendataan serta bersama warga masyarakat setempat mulai menyingkirkan pecahan-pecahan dinding yang roboh. Kejadian tanah longsor di grumbul Pegawulan Wetan, Desa Darmakradenan yang diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah Ajibarang, tidak menutup kemungkinan akan terjadi longsor susulan. –bnc/nan

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.