Mbah Gondrong Dukun Penipu Berhasil Kumpulkan 30 Miliar

Mbah Gondrong
Mbah Gondrong

BanyumasNews.com – Mbah Gondrong yang bernama asli Harno, dibekuk oleh petugas Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jateng. Ia telah banyak makan korban di Cilacap, dimana Harno membuka praktek dukun di Nusawungu, Cilacap. Harno sendiri berasal dari Tawangharjo, Grobogan, Jawa Tengah ( bukan asal Cilacap seperti diberitakan kemarin).

Harno alias Mbah Gondrong (51) dibekuk karena menipu ratusan orang yang ingin menggandakan uang. Ada lebih dari 130 orang korban penipuan mirip Dimas Kanjeng ini.

Kapolda Irjen Condro Kirono menyebut jumlah uang yang diserahkan korban bervariasi. Ada yang menyetor Rp 15 juta, ada pula yang sampai Rp 20 juta. “Uang sejumlah itu dijanjikan akan digandakan menjadi Rp 2 miliar,” kata Condro, Kamis (20/10/2016).

Condro menduga masih banyak korban lain yang belum melapor. Sementara jumlah kerugian dari korban yang telah terdata sekitar Rp 30 miliar dan masih akan bertambah karena ada yang belum melapor.

Aksi mbah Gondrong dilakukan sejak setahun lalu, dengan korbannya banyak dari Cilacap. Namun ada juga korban dari lain di Jawa Tengah. Juga korban dari Jakarta bahkan Papua.

Anehnya Harno alias Mbah Gondrong tidak tampak tegang atau panik saat digelandang di Mapolda Jateng. Harno malah cengengesan dan terus mengumbar senyum.

Bagaimana cara Mbah Gondrong menggandakan uang? Si mbah yang mengenakan kopiah hitam ini menjawab memakai ritual saat Condro bertanya mengenai caranya menggandakan uang.

“Saya pakai ritual, ada alat-alatnya. Tapi saya tak pernah janjikan akan berhasil,” kilah Harno.

Harno mengatakan ia tidak pernah mencari korban, justru orang-orang yang datang meminta bantuan kepadanya.

“Mereka datang sendiri ke rumah saya minta tolong. Saya tidak berjanji, cuma bilang saya usahakan,” kilahnya.

Nah agar korban yakin dengan kemampuannya, Harno menggunakan beberapa alat seperti jenglot, padi, dupa, serbuk hingga lukisan Nyi Roro Kidul.

Selain buka praktik penggandaan uang, Harno juga sesumbar bisa menggandakan perhiasan emas.

Menjadi pertanyaan, mengapa masih saja ada orang yang tertarik dengan iming-iming penggandaan uang oleh dukun? Cinta dunia tanpa mau usaha keras alias cari jalan pintas? (BNC/ist)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.