1 Orang Meninggal Dunia Akibat Longsor di Banjarnegara

longsor-banjarnegara-september-2016BanyumasNews.com, BANJAREGARA – Tanah longsor terjadi di dua titik lokasi di Kabupaten Banjarnegara, yaitu di Rt 5/V desa Sidengkok, Kecamatan Pejawaran, dan di Rt 2/II Desa Sirukem, Kecamatan Kalibenaing. Kejadian longsor mengakibatkan satu rumah roboh dan satu rumah rusak berat. Korban jiwa akibat longsor dari informasi yang dihimpun 1 orang meninggal dunia.

Menurut laporan Pusdalops BPBD Banjarnegara, sampai dengan pukul 21.30 wib, Minggu 25 September 2016, tanah longsor menyebab satu rumah milik Sugianto (57th) roboh di desa Sidengok Rt.5/V. Kejadian longsor mengakibatkan korban meninggal dunia 1 (satu) orang atas nama Nurhaidin( 21 th), yang merupakan anak sugianto . Kejadian terjadi sekitar pukul 07.00 wib saat korban sedang membersihkan longsoran di samping rumah.

Mendengar laporan kejadian tim TRC BPBD Banjarnegara meluncur TKP bersama tim gabungan, dan melakukan evakuasi hingga ditemukan korban pada pukul 10.30 wib. Tim gabungan TNI, Polri, Dinkes, Dinsos, Tagana, Bagana, Banser, MTA, Rapi, Destana, Sarkab dan ormas sebanyak 200-an personil melakukan evakuasi pembersihan bersama.

Kejadian longsor desa Sirukem menyebabkan 1 rumah rusak berat, milik Ali Mundasir (35th). Isteri Ali, Manisah, mengalami luka ringan. Saat ini telah dilakukan pembersihan lokasi dan keluarga Ali berjumlah 3 jiwa diungsikan ke rumah saudaranya yang tidak jauh dari lokasi.

Pusdalpos BPBD Banjarnegara juga melaporkan, ruas jalan desa maupun jalan kabupaten mengalami longsoran di beberapa titik di wilayah utara Banjarnegara, karena hujan sejak hari Sabtu 24 September 2016 sore hingga malam terjadi hampir merata di wilayah Banjarnegara.

Upaya yang telah dilakukan BPBD Banjarnegara melakukan evakuasi, melakukan pembersihan lokasi kejadian bersama tim gabungan, pemberian logistik berupa paket permakanan, sandang, selimut, matras, bahan bangunan dll bagi para korban, serta mengungsikan para korban yang rumahnya rusak berat dan roboh. Saat ini terdapat pengungsi 11 jiwa terbagi dua lokasi kejadian yaitu Sidengok 8 jiwa dan Sirukem 3 jiwa diungsikan ke tempat saudara. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.