Polres Banyumas pasang CCTV pantau arus mudik Lebaran 2016

cctv polres banyumasBanyumasNews.com, PURWOKERTO – Pemantauan titik kepadatan lalu lintas arus mudik dan balik di wilayah Banyumas kini bisa dilakukan sendiri oleh pemudik melalui smartphone. Ini menyusul langkah Kepolisian Resor (Polres) Banyumas Jawa Tengah yang telah memasang 8 kamera CCTV diĀ  titik jalur mudik di Banyumas. Pantauan melalui kamera CCTV tersebut bisa diakses oleh masyarakat melalui aplikasi di ponsel android dan blackberry.

“Ini merupakan program Mabes Polri, Polda yang ditindaklanjuti Polres Banyumas supaya bisa diakses masyarakat, sesuai dengan wilayah dan ditanam di tempat yang diperkirakan akan menjadi titik kepadatan arus lalulintas,” ujar Kapolres Banyumas, Ajun Komisaris Besar Gidion Arif Setyawan SH,S.Ik.M.Hum, Jumat (1/7/2016).
Dikatakan, masyarakat bisa mengakses kamera CCTV dengan mengunduh program aplikasi vMEyeSuper HD melalui playstore.

“Untuk bisa mengaksesnya, masyarakat bisa mengunduh aplikasi vMEyeSuper HD melalui playstore di masing-masing ponsel, baik itu android maupun blackberry. Supaya masyarakat yang melintas di wilayah Banyumas bisa mengakses situasi update arus lalulintas di wilayah Banyumas,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Banyumas Ajun Komisaris Samsu Wirman S.Ik,SH,MM menjelaskan, untuk bisa mengakses CCTV tersebut, masyarakat yang sudah mengunduh aplikasinya bisa langsung membuka beberapa pilihan di dalam lamannya.

“Setelah berhasil mengunduh aplikasi vMEyeSuper HD, kemudian pilih tanda plus di kanan bawah layar dan masukkan IP address CCTV Satlantas Polres Banyumas. Untuk port dan password biarkan tidak usah diganti” ujarnya.

Saat ini, katanya, beberapa CCTV yang terpasang sudah memiliki IP addres yang bisa diakses seperti wilayah Ajibarang IP address 36.66.168.103, Pekuncen IP address 36.66.168.121, Wangon IP address 36.66.168.127, Menganti, Rawalo IP address 36.66.168.117, Wilayah Kota Purwokerto Pos Pam Matahari IP address 36.66.168.123, Pos Pam Kebokuro, Sumpiuh IP Addres 36.66.168.107, Pos Pam Kemranjen ,IP address 36.66.168.105, Pos Pam Patikraja IP Adrres 36.66.168.109.

Dengan di tempatkannya CCTV di 8 Lokasi tersebut, diharapkan baik petugas maupun masyarakat dapat memonitor langsung situasi lalu lintas di wilayah Banyumas. (BNC/Nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.