Barikade Jalan dipasang di titik rawan macet kota Purwokerto

PembatasjalanBanyumasNews.com, PURWOKERTO -Mengantisipasi kemacetan karena meningkatnya jumlah kendaraan jelang Lebaran, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Banyumas telah memasang barikade di beberapa ruas jalan di dalam kota Purwokerto.

Pemasangan barikade ini untuk mengantisipasi kemacetan karena meningkatnya jumlah kendaraan yang mulai terasa sejak minggu kedua bulan Ramadhan.

Kepala Dinhubkominfo Kabupaten Banyumas, Santosa Eddy Prabowo menjelaskan, berdasarkan pengalaman tahun lalu pemasangan barikade di beberapa titik dinilai cukup efektif untuk mengatur lalu lintas di dalam kota. Pasalnya, barikade merupakan pembatas antar jalur kendaraan, sehingga dapat menghindari kepadatan yang disebabkan kendaraan yang keluar jalur.

“Pemasangan barikade sudah kita lakukan, lokasinya sebagian besar masih sama seperti tahun lalu, dan ada penambahan di beberapa titik,” jelasnya usai apel pagi Rabu, (29/6/2016).

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Banyumas, untuk prioritas pemasangan barikade di dalam kota. Namun lokasi yang dinilai rawan kemacetan sebelumnya sudah dipetakan.

Beberapa lokasi yang dilengkapi barikade antara lain Jalan Jenderal Soedirman sekitar Simpang Giri Suman, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Jenderal Soedirman Barat. Sedangkan beberapa lokasi tambahan dipasang di Kompleks Kebondalem seperti Jalan Kombas dan Jalan Gatot Subroto. “Titik lain antara lain seperti di Simpang Gor Satria dan Jalan Masjid,” jelasnya.

Eddy juga menambahkan selain barikade juga dipasang rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ) di beberapa lokasi. RPPJ bisa untuk menuntun pemudik agar lebih mudah mencapai kota tujuan, ketika melintasi wilayah Kabupaten Banyumas.  (BNC/Ist/Pars)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.