Expo Cilacap 2016 menuju ‘Singapore of Java’

cilacap expo 2016BanyumasNews.com, CILACAP – Gagasan menjadikan kota Cilacap menjadi seperti kota Singapura, Cilacap to be Singapore of Java, muncul tahun lalu ketika Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bertemu Presiden Jokowi. Presiden Jokowi menginginkan Cilacap sebagai kota industri dan pelabuhan yang diistilahkan Jokowi sebagai ‘Singapore of Java’.

(Baca: Hotel baru hadir sambut Cilacap sebagai Singapore of Java )

Posisinya sebagai kota pelabuhan samudera, indutri yang berkembang memungkinkan ke arah itu. “Di Cilacap ada industri hulu yang membuat kita menjadi kabupaten terlengkap di Indonesia,” kata Tatto suatu sata itu.

Memang, kalau kita masuk ke Cilacap, kita akan melihat cerobong asap tinggi dari pembangkit listrik skala besar (PLTU), kilang minyak (Pertamina), dan pabrik semen Holcim. Pelabuhan Tanjung Intan berfungsi sebagai dermaga bongkar muat barang. Di sektor kelautan, Cilacap memiliki tempat pelelangan ikan (TPI) dan Pelabuhan Perikanan Indonesia (PPI).  Cilacap siap menjadi poros maritime di selatan Jawa.

Diketahui Pemkab Cilacap juga tengah menyiapkan lahan seluas 32 ribu hektar sebagai kawasan industry, yang rencananya akan dibangun merata mulai Cilacap kota, Cilacap timur dan Cilacap bagian barat.

Tentu mimpi menjadi ‘Singapore of Java’ perlu disosialisasikan, salah satunya melalui gelaran Cilacap Expo 2016. Karenanya event yang akan mengeksplor potensi pembangunan daerah itu akan diadakan pada 28 Juli hingga 1 Agustus 2016, bertempat di lapangan Krida Nusantara Cilacap.

Informasi yang dihimpun, acara ini diikuti oleh SKPD, Kab/Kota/Provinsi/Kementerian, BUMN, BUMD, Swasta dengan tema “Bangga Membangun Desa” – Pekan Promosi Cilacap, Potensi daerah, Bisnis, Investasi dan Pariwisata di Cilacap. Kegiatan yang akan digelar pada Cilacap Expo 2016 meliouti Micro Finance dan Bank Expo Cilacap 2016, Pagelaran Seni dan Budaya Cilacap, Festival Kuliner Jawa Tengah, Bahari dan Waralaba, Lomba Foto atau Photografi Wisata Bahari Cilacap.

Event ini memeberi kesempatan UMKM untuk menjadi peserta dengan mendaftar stand Bazaar. Caranya mendownload Formulir dan Rincian Biaya pendaftaran Stand Cilacap Expo 2016 di laman: Formulir Cilacap Expo 2016 Google Drive. (BNC/ist)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.