Rob laut selatan genangi Tegalkamulyan Cilacap

FB_IMG_1465458835161“Rob laut, Ombak setinggi hampir 2 meter menghempas di laut lepas, penahan ombak pun terhanyutkan, tapi tidak ada korban jiwa. Aman goleman, malah pada dadi tontonan”.

Demikian status facebook Anshar Balasikh hari ini, Kamis 9 Juni 2016, atas rob air laut yang menjebol tanggul penahan ombak dan air laut masuk ke perkampungan warga Desa Tegalkamulyan, Cilacap.

FB_IMG_1465458839132

Seorang netizen, Ari Kuswanto, lewat Cilacapinfo.net melaporkan ombak pantai di pesisir selatan dalam beberapa hari ini sedang tinggi dan terlihat mengganas, bahkan ganasnya ombak pantai selatan mampu menjebol tanggul penahan ombak yang berada di bibir pantai Tegal Kamulyan Cilacap.

Tak ayal jebolnya tanggul penahan ombak membuat derasnya air laut yang sedang dalam keadaan rob masuk ke areal tambak di seberang tanggul-tanggul tersebut.

Derasnya air laut dan tingginya ombak pantai di Teluk Penyu itu juga merembet mengenangi jalan lingkar selatan Cilacap hingga masuk ke perkampungan Tapang Dengklok.

Menurut warga yang bermukim di sekitar Pantai Tegal Kamulyan, fenomena tersebut merupakan fenomena wajar dan merupakan kejadian tahunan yang biasa. Menurut mereka, ganasnya ombak kali ini tergolong kecil dan belum seberapa dibandingkan kejadian tiga tahun yang lalu.

Kepada Cilacap Info, bahkan beberapa warga menganggap, turunnya kepolisian dan juga BNPB setempat terlalu berlebihan dan membuat suasana terlihat panik.

BKMG sendiri sudah mengeluarkan peringatan adanya gelombang tinggi di perairan laut selatan pada 8 Juni 2016, seperti surat edaran di bawah ini:

FB_IMG_1465458810920

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.