Hujan deras hari kedua Ramadhan akibatkan longsor di Banjarnegara

Relawan meratakan jalan longsir di Banjarnegara
Relawan meratakan jalan longsir di Banjarnegara

BanyumasNews.com, BANJARNEGARA – Hujan deras dengan intensitas tinggi pada Selasa, (07/06/2016), bertepatan dengan hari kedua bulan Ramadhan, yang turun sejak pukul 15.30 s/d 21.45 WIB, menyebabkan beberapa desa di Kabupaten Banjarnegara terkena longsor, seperti di Kecamatan Pagentan dan Kecamatan Pandanarum.

Bencana alam tebing longsor terjadi di Dusun 1 Rt 02/01, Dk Karanglo, Desa Katilaga, Kecamatan Pagentan. Material longsoran menimpa beberapa rumah warga. Menurut laporan TRC BPBD Banjarnegara yang sampai ke BanyumasNews.com, longsoran tanah tidak mengakibatkan korban jiwa, hanya mengakibatkan kerusakan beberapa rumah warga.

Baca : 13 Kecamatan di Banjarnegara Rawan Longsor

Baca : 60 % Penduduk Indonesia Tinggal di Daerah Rawan Longsor

Rumah yang terdampak longsoran adalah milik Ahmad Khoerudin (38 th) dihuni 5 jiwa, Mulyanto (45 th) dihuni 7 jiwa, Ikhsan ( 45 th) dihuni 4 jiwa, Mugiarjo (41 th) dihuni 5 jiwa. “Tidak ada kerusakan pada rumah di sekitar tebing longsor tersebut”, demikian menurut tim assesment TRC BPBD Banjarnegara.

Rumah penduduk terancam longsor di Banjarnegara
Rumah penduduk terancam longsor di Banjarnegara

Beberapa desa di Kecamatan Pandanarum juga terkena longso. Beberapa rumah warga di empat desa di terdampak tanah longsor. Kejadian ini tidak menyebabkan korban jiwa, tetapi kerusakan materi ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Desa desa di Kecamatan Pandanarum yg terdampak adalah Desa Sinduaji yang mengakibatkan 3 rumah rusak berat, 3 rumah rusak sedang, dan 4 rusak ringan. Sebanyak 11 KK (36 Jiwa terdiri dari 19 Laki-laki dan 17 Perempuan) mengungsi ke tempat kerabat. Sementara itu sebanyak 17 KK terdiri dari 88 jiwa lainnya terancam.

Desa Lawen terdampak dengan 1 rumah rusak ringan, 1 rumah rusak sedang. Di desa ini 2 KK (11 jiwa) mengungsi, sementara 4 KK terancam. Di Desa Pringamba 1 rumah rusak berat yang dihuni 1 KK (5 jiwa). Sedangkan di Lawen 3 KK terancam. Di Desa Pasegeran 1 rumah terancam longsor, yang dihuni 1 KK (2 jiwa). Kini mereka mengungsi,

Selain menimpa bangunan rumah, beberapa ruas jalan juga tertimbun longsor. Hingga saat ini tim gabungan TRC BPBD Banjarnegara, TNI, Polri, Dinkes, Camat Pandanarum, tagana dan Gabungan Relawan sedang melakukan pembersihan bangunan yang rusak dan infrastruktur jalan dengan menggunakan alat berat.

TRC BPDB Banjarnegara melaporkan hingga saat ini terdapat 3 kecamaatan mengalami longsor masih dalam asesment, dan kemungkinan data dapat berubah. (BNC/nan)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.